Memberi Persembahan karena Kebaikan Tuhan, Bukan Kebaikan Saya

Ulangan 26: 1-11

Sering kali saya berfikir sewaktu memberikan persembahan; apakah nanti uang saya akan cukup jika saya memberikan persembahan? agkh saya telah bekerja sangat keras, apa saya tidak boleh menikmatinya sedikit untuk kesenangan saya? Dan ironisnya sangat tidak jarang saya merasa bangga setelah saya memberikan persembahan. Saya merasa saya telah berkorban demi pekerjaan Tuhan.

Melalui perikop ini, saya diingatkan bahwa saya bukanlah siapa-siapa dan sebenarnya saya bukanlah seorang yang pantas untuk mendapatkan segala sesuatu yang saya dapatkan sekarang.

Perikop ini mengajarkan bangsa Israel untuk mempersembahkan hasil pertama. Kata pengantar dari pengajaran itu adalah mengingatkan kembali pada bangsa Israel bahwa sebelumnya mereka bukanlah siapa-siapa (budak) dan tidak mampu melakukan apa-apa (pengecut). Tapi, oleh karena kebaikan Tuhan, maka mereka bisa pergi dari negri perbudakan dan memperoleh suatu negri yang berlimpah susu madunya. Dan karena hal tersebut mereka diajarkan untuk mengembalikan sedikit dari apa yang Tuhan telah kasih.

Berarti tidak boleh ada kebanggan karena saya telah memberikan persembahan kepada Tuhan karena itu sepenuhnya adalah milik Tuhan.

Dan satu hal yang membuat saya bersukacita dengan perikop ini adalah [11] ” haruslah engkau, orang lewi dan orang asing yang ada di tengah-tengahmu bersukaria karena segala yang baik yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu dan kepada seisi rumahmu”.

Berkat yang Tuhan berikan bukanlah untuk saya nikmati sendiri, tetapi saya harus menjadi saluran berkat bagi orang lain.

 

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

