Sengketa datang dari Hawa Nafsu – LA

Yakobus 4:1-10 [Hawa nafsu dan persahabatan dengan dunia]

Saya sangat bersyukur setiap kali saya membaca pesan Allah dalam Alkitab. Saya selalu diingatkan agar mewaspadai setiap tindakan saya dan pemikiran saya.

Pagi ini saya mendapat warning perihal hawa nafsu & persahabatan. Hawa nafsu berasal dari keinginan. Semua manusia yang hidup pasti memiliki keinginan. Tidak ada yang salah dengan itu. Tetapi saat keinginan tersebut menjadi prioritas hidup di atas segalanya, sehingga menyebabkan saya bertengkar dengan sesama. Maka, keinginan tsb telah berubah menjadi hawa nafsu dan membawa saya ke dalam dosa.

Apakah hawa nafsu itu?

Menurut Yakobus 4:2, hawa nafsu digambarkan sebagai keinginan yg tidak dapat diperoleh, tujuan yang tidak tercapai, dan juga doa yang tidak terjawab.

Kenapa timbul hawa nafsu? Atau kenapa ada keinginan yang tidak dapat diperoleh, tujuan yang tidak tercapai dan doa yang tidak dijawab?

Jawabannya adalah karena saya tidak berdoa, atau saya salah berdoa. Sederhana sekali.

Lalu apa yang salah dengan doa saya?

Yakobus 4 menerangkan lebih lanjut dalam ayat seterusnya (4-10). Yang membuat doa saya tidak dijawab adalah, ketidaksetiaan saya, karena saya bersahabat dengan dunia dan menyebabkan saya menjauh dari Tuhan, saya mencintai keduniawian (pelesir, hiburan, makanan, gaya hidup menjadi focus utama hidup saya), kecongkakan saya (saya tidak rendah hati dihadapan sesama dan juga dihadapan Tuhan), dan yang terakhir, dosa-dosa yang belum saya sesali.

Tuhan selalu ingin menjawab doa saya. Permasalahannya adalah apakah saya sudah berdoa dengan benar?

Hari ini saya ingin menjauhi persengketaan, perselisihan, pertengkaran dengan sesama supaya tidak ada hawa nafsu dalam diri saya.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

