Orang kaya yang dibenci Tuhan – LA

Yakobus 5:1-6 [Peringatan kepada orang kaya]

Yakobus menjelaskan ttg ciri2 orang kaya yang tidak berkenan kepada Tuhan.

1. Orang kaya yang gemar menumpuk harta pada zaman akhir

2. Orang kaya yang menahan upah/hak para pekerjanya (karyawannya)

3. Orang kaya yang hidup berfoya-foya dan memuaskan keinginan hatinya

4. Orang kaya yang oleh karena kekayaannya bahkan ‘membunuh’ (atau menindas) orang benar krn orang benar ini tidak dapat melawan orang yang kaya tsb.

Saya melihat bahwa menjadi kaya itu adalah dosa. Apakah yang membuat saya dinilai sebagai orang kaya? Saya akan dinilai sebagai orang kaya bila harta saya banyak (tanah, rumah, mobil, properti2 lainnya, emas, dlsb) dan bila gaya hidup saya mewah (punya keharusan holiday ke LN, belanja rutin untuk barang2 mewah, rutinitas outing yang berlebihan, tergabung dalam kelompok orang yang memiliki hoby atau grup sosial untuk menyatakan ‘kelas’ ekonomi, dlsb).

Saya tidak akan tergolong orang kaya bila saya hanya punya 1 rumah dan 1 mobil yang sehari-hari saya gunakan. Saya juga tidak akan tergolong orang kaya bila budget shopping atau kebutuhan saya (selain kebutuhan pokok) tidak melebihi jumlah persembahan dan persepuluhan saya. Saya juga tidak akan pernah tergolong orang kaya bila saya selalu berbagi, atau bila saya selalu memperhatikan kebutuhan orang lain, peduli terhadap pekerjaan Tuhan, mau mengambil beban dari pundak orang lain dan bersama memikulnya. Saya juga tidak akan menjadi orang kaya bila saya membatasi biaya belanja saya dan sebagai gantinya, berusaha untuk membuat apa yang bisa saya buat dengan tangan saya sendiri untuk keluarga saya (homemade favorite).

Tuhan, tolong saya agar saya selalu dapat berusaha hidup sederhana. Supaya saya bisa memperoleh hikmat untuk berbagi nikmat dengan sesama agar diri saya tidak menjadi focus utama dalam hidup saya.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

