Doa – LA

Yakobus 5:12-20 [Mengenai sumpah, dan doa untuk orang sakit]

Yakobus mengkategorikan pelaku-pelaku doa dalam perikop pagi ini;

1. Doa orang yang menderita (ay 13)

2. Doa para penatua jemaat (ay 14)

3. Doa orang yang sakit (ay 16)

4. Doa orang yang benar (ay 16)

5. Doa Elia (ay 17)

Doa orang yang menderita:

Adalah doa yang dipanjatkan di dalam penderitaan. Saya seringkali memanjatkan doa saat saya berada di dalam penderitaan. Hal ini tidak salah sama sekali.

Malah sangat dianjurkan.

Doa para penatua jemaat:

Ayat 15 menjelaskan bahwa doa para penatua jemaat yang dipanjatkan dalam iman, akan dapat membuat dosa orang sakit tsb diampuni. Sebagai seorang penatua jemaat, adalah sangat penting untuk memiliki iman.

Doa orang yang sakit:

Saya adalah orang yang ‘sakit’. Sakit karena dosa. Ada 2 hal yang dapat menyembuhkan saya dari penyakit dosa yaitu: mengaku dosa, dan saling mendoakan.

Apapun penyakit (rohani atau jasmani) saya, bila saya mengaku dosa dan saling mendoakan, maka saya akan sembuh.

Doa orang yang benar:

Orang yang benar pun perlu berdoa dengan yakin. Keyakinan sama dengan iman. Saat saya memanjatkan doa, saya perlu menjadi benar dan memiliki iman supaya doa saya berkuasa dengan sangat besar.

Doa Elia:

Elia adalah manusia biasa seperti saya, tetapi dia telah bersungguh-sungguh berdoa, dan terjadilah seperti apa yang didoakannya. Adakah saya telah sungguh-sungguh berdoa untuk seseorang/sesuatu sehingga apa yang saya doakan benar2 terjadi?

Komitmen:

Seseorang yang saya kenal, belum bertobat. Saya rindu agar dia pun bertobat. Segala usaha sudah saya lakukan tetapi setan selalu mengalahkannya dan berhasil menariknya kembali. Saya belum pernah berdoa sungguh2 untuk orang ini. Sehingga apa yang saya harapkan belum terjadi.

Saya mau mendoakan dia dengan lebih sungguh-sungguh. Supaya pertobatannya menjadi nyata.

Regards,

Lady Arisandhy

Fluids Geochemistry Group Leader

PT Core Laboratories Indonesia

ISO 9001:2008 Certified Company

Cilandak Commercial Estate Building No. 303

Jl.Raya KKO Jakarta Selatan 12560 Indonesia

Email: Lady.Arisandhy

Web: www.corelab.com

Telp: +62-21-7801533

Fax: +62-21-7802042

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

