Aku adalah batu hidup

I Petrus 2:1-10 [Yesus Kristus batu penjuru]

Rasul Petrus berkali-kali menyebutkan tentang peranan Yesus sebagai batu penjuru. Namun dalam perikop kali ini, Rasul Petrus juga menyinggung tentang sebuah peranan ‘batu’ yang lain yaitu batu hidup.

Batu ini bukanlah benda mati melainkan benda hidup. Batu hidup ini dipergunakan untuk pembangunan rumah rohani bagi suatu imamat kudus. Rumah rohani ini akan digunakan oleh imamat yang kudus untuk mempersembahkan persembahan rohani oleh karena Yesus Kristus.

Batu hidup ini adalah saya.

Dalam sebuah pembangunan, batu digunakan untuk mengokohkan bangunan tsb, memberi bentuk pada bangunan sehingga akan membuatnya terlihat indah. Saya adalah batu hidup yang digunakan untuk pembangunan rumah rohani. Saya akan memberi bentuk pada rohani suatu umat, mengokohkan rohani dan membuatnya terlihat indah untuk Yesus. Batu yang digunakan dalam pembangunan tidak selalu terlihat. Terkadang ia tertutupi oleh semen dan pasir atau bahan bangunan lain. Tetapi kualitas suatu bangunan akan tergantung pada kualitas batu yang digunakan. Demikian pula saya sebagai batu hidup. Saya tidak akan selalu terlihat, ada kalanya saya akan tertutupi oleh hal-hal lain. Namun kualitas bangunan rohani suatu imamat tidak akan terlepas dari peranan saya didalamnya.

Sayalah batu hidup itu, semen dan pasir akan menutupi saya sehingga saya tidak terlihat lagi pada akhirnya. Namun kehadiran saya dalam rumah rohani suatu imamat, akan mengokohkannya, memberinya bentuk, dan membuatnya layak untuk menjadi tempat persembahan rohani bagi Yesus.

Selamat pagi, Tuhan memberkati.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

