Tipe kepemimpinan Alkitab – LA

I Petrus 5:1-11 [Gembalakanlah kawanan domba Allah]

Perikop ini ditujukan untuk para penatua (tua-tua jemaat). Namun buat saya, ini sangatlah applicable untuk kehidupan pekerjaan saya. Saya bukanlah seorang pemimpin di gereja. Saya juga bukan seorang pemimpin di rumah tangga saya. Tapi dalam pekerjaan saya, Tuhan memberikan saya kesempatan untuk menjadi pemimpin sesuai dengan kapasitas dan kemampuan saya.

Ayat 3 dan 4 merupakan ciri kepemimpinan yang Tuhan kehendaki, yaitu: memimpin tanpa memaksa dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Bukan seolah-olah saya mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepada saya, tetapi saya harus menjadi teladan bagi mereka.

Sebagai orang muda, saya juga harus tunduk kepada orang-orang yang tua (ayat 5), berlaku rendah hati, dan tidak kuatir akan apapun juga. Hanya dengan iman yang teguh, saya dapat mengalahkan lawan saya yaitu si Iblis.

Dalam pasal-2 sebelumnya, Rasul Petrus selalu menceritakan tentang penderitaan yang harus ditanggung oleh orang Kristen. Dan pagi ini, saya diberikan janji yang baru, bahwa sesudah saya menderita seketika lamanya (hanya sebentar saja), saya akan diperlengkapi, diteguhkan, dikuatkan, dan dikokohkan oleh Allah.

Kata “penderitaan” mungkin pernah membuat saya takut, tetapi ketakutan tsb hanya akan membuat saya lemah dan kuatir. Penderitaan yang akan datang akan dapat saya atasi dengan iman yang teguh dan percaya bahwa setelah penderitaan ini, saya akan memperoleh kemuliaan Tuhan.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s