Dapat dipercaya – LA

I Petrus 5:12-14 [Salam]

Ini adalah perikop terakhir dalam buku I Petrus.

Rasul Petrus menyebut satu nama, Silwanus, yang melaluinya, Rasul Petrus menyampaikan surat I Petrus ini kepada saudara-saudara pendatang yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil, dan Bitinia, untuk menyakinkan dan menasihati mereka akan kasih karunia yang berasal dari Allah.

Para pendatang ini bukanlah orang Kristen yang mengenal Kristus sejak lahirnya. Mereka adalah orang-orang yang bertobat oleh karena pemberitaan injil yang disampaikan oleh para Rasul. Oleh karena itu, Petrus tidak ingin mereka menjadi ragu oleh karena iman mereka yang masih baru tersebut. Petrus ingin meyakinkan mereka bahwa iman yang mereka pegang saat ini adalah kasih karunia yang benar-benar dari Allah. Paulus juga menasihati mereka agar tidak undur dalam pencobaan dan berbagai ujian yang datang dalam kehidupan orang Kristen.

Silwanus adalah orang yang dianggap Petrus sebagai saudara yang dapat dipercayai. Oleh karena sifat Silwanus yang dapat dipercaya, maka dia dapat menjadi saluran berkat kekuatan buat saudara-saudara yang masih ‘muda’ dalam kebenaran.

Betapa pentingnya menjadi orang yang dapat dipercayai. Kalaupun saya tidak memiliki talenta apapun, tetapi bila saya seperti Silwanus yang dapat dipercayai, saya pun dapat digunakan Tuhan menjadi perpanjangan lidah Allah untuk memberi kekuatan dan nasihat bagi saudara2 seiman.

Menjadi orang yang dapat dipercaya bukanlah pekerjaan yang mudah dan singkat, ini membutuhkan konsistensi sikap yang cukup lama, sehingga orang lain mendapati saya ‘dapat dipercaya’. Kesetiaan dalam tanggung jawab merupakan sarana saya untuk menjadi orang yang dapat dipercaya. Persungutan hanya akan membuat saya gagal dalam menumbuhkan kepercayaan orang terhadap diri saya.

Pagi ini bos saya tidak masuk kerja padahal ada hal ‘urgent’ yang perlu ditanggungjawabinya sebagai seorang manager. Tetapi tadi malam, dengan mudahnya dia menyerahkan tugas itu kepada saya melalui email dan memberitahukan kepada dewan pimpinan tertinggi di perusahaan ini bahwa saya lah yang akan bertanggung jawab dalam masalah ini selama dia cuti. Ada sedikit rasa kesal dalam hati saya, mengingat bahwa tanggung jawab saya dalam department ini lebih besar dari pada posisi saya. Tetapi sekarang saya bisa melihat ini sebagai sarana untuk menjadi ‘orang yang dapat dipercaya’. Tuhan akan membantu saya walaupun sebenarnya saya tidak mempunyai kesanggupan apapun untuk tugas ini.

Selamat menjadi orang yang dapat dipercayai hari ini!

Regards,

Lady Arisandhy

Fluids Geochemistry Group Leader

PT Core Laboratories Indonesia

ISO 9001:2008 Certified Company

Cilandak Commercial Estate Building No. 303

Jl.Raya KKO Jakarta Selatan 12560 Indonesia

Email: Lady.Arisandhy

Web: www.corelab.com

Telp: 62-21-7801533

Fax: 62-21-7802042

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s