“PENGHALANG”

Perikop : Matius 7:1-5
Matius 7:3 “Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?”
Pertanyaan yang muncul adalah Bagaimana mungkin orang yang matanya terhalang oleh balok bisa melihat selumbar di mata orang lain? Pasti jawabannya tidak. Jangankan selumbar segunungpun jika mata ditutup balok pasti tidak akan melihat apapun.
Inilah yang Tuhan ingin coba ajarkan kepada murid-muridNya bahwa setiap manusi perlu mengintropeksi diri bukan tugasnya menghakimi. Dengan mengintropeksi diri, setiap orang bisa melihat apa yang menjadi kekurangannya sehingga perlu menyingkirkan balok – balok penghalang bagi hidupnya.
Pada saat balok – balok itu sudah disingkirkan, adalah tugas orang tersebut untuk menyingkirkan selumbar –selumbar diorang lain melalui penginjilan bukan melalui penghakiman. Sehingga kita bisa bersaksi bagaimana kita menyingkirkan balok – balok tersebut didalam kehidupan kita.
Bagaimana saya bisa membantu orang lain mengeluarkan selumbar – selumbar penghalang kehidupan mereka sedangkan didalam kehidupan saya masih ada balok – balok penghalang. Bagaiman saya bisa bersaksi kepada orang lain tentang Yesus, jika saya sendiripun tidak punya pengalaman bersama dengan Yesus.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s