Kematian Musa

UL 34

Bagaimana kira-kira tanggapan saya kalau Tuhan memberitahukan hari kematian saya, terlebih kematian itu adalah karena satu dosa terbesar saya. Dan dosa terbesar itu dilakukan setelah saya mengorbankan segala apa yang saya punya untuk pekerjaan Tuhan?

Musa sebenarnya adalah pewaris kekayaan Mesir, tetapi ia memilih untuk meninggalkan itu semua hanya untuk kemuliaan Allah. Bahkan ia pernah meninggalkan anak beserta istrinya pada saat memimpin bangsa Israel.

Tetapi dia harus mati hanya karena tidak bisa mengendalikan dirinya, tidak menjaga ucapannya ketika memukul batu, ia mengatakan “apakah perlu aku mengeluarkan air dari batu”. Ia melupakan bahwa yang mengeluarkan air itu adalah Tuhan, tetapi ia mengatakan ia yang mengeluarkan air itu.

Menjelang kematiannya, Musa telah menyiapkan segala sesuatu. Dia telah menumpangkan tangannya kepada Yosua yang akan menggantikannya. Ia memberikan nyanyian peringatan pada bangsa Israel. Ia mengucapkan doa berkat terakhir pada tiap-tiap suku. Bahkan ia mempersiapkan sendiri kematiannya dengan naik ke gunung nebo seorang diri.

Dalam perikop ini, saya melihat sosok pemimpin yang sungguh sangat luar biasa, pemimpin yang mau menerima pada saat diberitahu kesalahannya tanpa berargumen dengan berbagai alasan untuk mempertahankan dirinya.

Dan juga saya melihat pertobatan yang sangat luar biasa. Berbeda dengan Yudas, yang telah mengetahui dosanya, dia malah memilih untuk bunuh diri.

Saya melihat pastilah Musa adalah sosok yang rendah hati, tidak terobsesi namanya harus dimasyurkan dan ngotot sama Tuhan untuk terus memimpin sampai kanaan. Tetapi Musa memilih segala sesuatu untuk kemuliaan Allah, baginya siapapun yang akan memimpin bangsa Israel (pilihan Tuhan), dia selalu mendukung dan mendoakan.

Hari ini saya diajarkan tentang penurutan. Apapun yang Tuhan berikan kepada saya, kematian sekalipun, hendaklah selalu saya melagukan “baiklah-baiklah bagiku”,,,

Tuhan berkati,
Maranatha,,

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

