“PERLAKUKAN ORANG LAIN SEPERTI DIRIMU SENDIRI”

Perikop : Matius 7:12-14
Matius 7:12 “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”
Pertanyaan yang timbul bilamana saya membaca ayat 12 ini adalah apakah kalau ada orang yang suka menyakiti dirinya sendiri, dia dapat menyakiti orang lain?
Menurut dokter , orang yang suka menyakiti diri sendiri bukanlah hal biasa tetapi merupakan satu gangguan psikologi yang disebabkan oleh suatu peristiwa. Artinya secara normalnya seseorang mau diperlakukan dengan baik.
Memang untuk melakukan hal ini tidaklah mudah, ayat 13 dan 14 juga menjelaskan bahwa jalan untuk melakukan hal ini sangat sempit dan sesak.
Contohnya, Saya juga menginginkan diperlakukan dengan baik tetapi saya jarang memperlakukan orang dengan baik, sehingga orang lain juga tidak memperlakukan saya dengan baik namun saya jadi emosi dan kesal oleh perlakukan tersebut.
Untuk itu saya harus mengaplikasikan ayat ini didalam kehidupan saya dengan berusaha sungguh – sungguh dan meminta pertolongan dari Tuhan. Dan saya juga menyadari, bukan berarti pada saat saya memperlakukan orang lain dengan baik saya akan diperlakukan orang dengan baik. Tetapi bukan berarti saya harus menyerah untuk melakukan hal tersebut, karena yang penting bagi saya adalah saya melakukan apa yang Tuhan ingin saya lakukan. Dan Tuhan sudah menyiapkan upahnya.
Salam Sejahtera
AND

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

