Rahasia Pemimpin Sejati

Yosua 1

Untuk pertama kalinya Yosua memimpin bangsa Israel menggantikan Musa untuk menyebrangi sungai Yeriko, hanya ada satu kalimat nasehat yang Tuhan berikan sebagai persiapan untuk menghadapi “Kuatkan dan teguhkan hatimu”. Karena tangan Tuhan akan senantiasa menolong dan menjawab doa-doanya asalkan dia mau berpegang teguh pada perintah-perintah Tuhan dan senantiasa merenungkannya siang dan malam.

Kalimat ini diulang-ulang sebanyak empat kali dalam perikop ini, berarti kalimat ini bukanlah kalimat sembarangan dan mengandung arti khusus.

Saya berpikir kenapa harus menguatkan dan meneguhkan hati untuk memimpin suatu bangsa yang besar. Kemudian saya mengingat kembali bagaimana Musa memimpin bangsa Israel. Mereka melihat banyak mujizat yang Tuhan tunjukkan langsung di depan mata mereka, tetapi apabila kesusahan kecil datang, mereka langsung bersungut-sungut, menyalahkan Musa dan Tuhan, bahkan tanpa berpikir panjang mereka menggantikan Allah dengan baal.

Sayapun teringat peristiwa-peristiwa yang terjadi selama beberapa kali menjadi pemimpin. Banyak kritikan yang masuk tetapi yang memberi kritik tidak mau memberikan solusi atau membantu menyelesaikan masalah. Ada yang hanya bersungut-sungut tanpa usaha. Ada yang tidak membantu, pura-pura tidak tahu dan sebagainya.

Semuanya itu sering kali membuat saya lemah, tak jarang membuat iman saya jatuh dan jadi berdosa dan hasilnya semua berantakkan.

Hari ini saya dikuatkan dengan perkataan “Kuatkan dan teguhkan hatimu”. Karena janji Tuhan “Seorangpun tidak akan bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau: Aku tidak akan meninggalkan engkau”

Dengan menguatkan dan meneguhkan hati pada Tuhan, maka setiap persoalan pasti akan bisa saya hadapi,,

Keep our spirit until Maranatha,

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

