Tak ada Tempat bagi Orang yang tak Bersunat Hati

Yosua 5:1-15

Dari semua orang yang keluar dari Mesir, hanya Yosua dan Kaleb yang berhasil sampai tanah Kanaan. Sisanya mereka semua mati termasuk Musa karena mereka tidak bersunat hati walaupun telah disunat secara fisik. Mereka tidak mendengarkan firman Tuhan(6).

Hanya orang-orang Israel yang lahir di padang gurun (dalam perjalanan), Yosua dan kaleb yang boleh memandang negri yang dijanjikan Tuhan.

Perikop ini membuat saya berpikir bahwa saya sudah menjalankan perintah Tuhan secara fisik : dibaptis, tidak memakan makanan haram, memberikan perpuluhan dan persembahan, pelayanan dan sebagainya.

Tapi, jauh di dalam hati saya, sudahkan saya bersunat hati? Sudahkah saya melakukan untuk kemuliaan Tuhan ataulah hanya untuk meninggikan nama saya? Sudahkah saya benar-benar mengasihi Tuhan?

Jangan-jangan, saya bernasib seperti bangsa Israel pada umumnya yg keluar dari Mesir, sudah bersusah payah melakukan perjalanan selama puluhan tahun, tetapi tidak pernah memandang negri yang dijanjikan Tuhan.

Puji Tuhan, masih ada sosok Yosua dan Kaleb yang menyatakan janji Tuhan. Mereka bisa bertahan tentunya karena mereka mendengarkan Firnam Tuhan.

Ketika pengintai-pengintai kanaan berputus asa melihat orang Kanaan yang kuat, Kaleb tetap berpegan teguh bahwa Tuhan telah menyerahkan Negri itu untuk Israel.

Ketika Musa, seorang pemimpin yang selalu bersama Yosua berdosa terhadap Allah. Yosua tidak terpengaruh, melainkan tetap berdiri teguh.

Janji Tuhan yang sangat luar biasa pada pagi ini, bahwa Ia akan membawa saya sampai ke negri perjanjian jikalau saya hidup seturut kehendakNya,,

Keep our spirit until Maranatha,,

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

