Emas, Pakaian, dan Minyak – LA

Wahyu 3:14-22 [Kepada jemaat di Laodikia]

Ciri jemaat ini adalah: suam-suam kuku, tidak dingin juga tidak panas. Merasa diri kaya padahal melarat.

Mari lihat kepada diri saya sendiri! Apakah kerohanian saya juga suam-suam kuku? Saya tidak dingin, sehingga saya tidak merasa membutuhkan apapun untuk menghangatkan diri saya. Saya tidak merasa perlu kebangunan rohani. Saya tidak merasa perlu pertobatan dan pengampunan.

Saya juga tidak panas, sehingga saya tidak merasa perlu untuk melepaskan sesuatu agar terasa lebih sejuk.

Intinya, saya merasa nyaman!! Dan Tuhan katakan bahwa ini adalah sesuatu yang memuakkan bagi-Nya.

Tuhan katakan kepada saya pagi ini, agar saya membeli emas yang murni dari-Nya. Membeli artinya menukarkan sesuatu agar mendapatkan sesuatu yang lain.

Tuhan ingin agar saya mendapatkan emas yang telah dimurnikan dalam api, membeli pakaian putih, dan membeli minyak. Apa artinya semua itu?

Emas yang telah dimurnikan dalam api adalah emas yang tidak lagi bercampur dengan zat2 pengotor (impurities). Ini melambangkan iman yang telah teruji dalam pencobaan.

Pakaian putih, merupakan sesuatu yang dapat menutupi ketelanjangan saya, menutupi kenajisan saya, itu adalah kasih karunia Tuhan, pengampunan-Nya atas dosa-dosa saya.

Minyak utk melumasi mata. Dalam perumpamaan 10 anak dara, minyak melambangkan Roh Kudus.

Saya memerlukan iman yang telah teruji dalam pencobaan, pengampunan, dan Roh Kudus. Lalu dengan apa saya akan membeli semuanya itu? Apa yang harus saya tukarkan agar saya memperoleh ketiganya?

Untuk memperoleh iman, saya perlu meninggalkan zona kenyamanan saya, fasilitas yang sering memudahkan kehidupan saya, hidup sederhana dalam iman. Tidak mengandalkan apapun atau siapapun di dunia ini.

Untuk memperoleh pengampunan, saya perlu meninggalkan dosa kesayangan saya.

Untuk memperoleh Roh Kudus, saya perlu meninggalkan kesibukan saya sejenak, kembali kepada Alkitab, agar Roh Kudus membuka mata saya.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

