Iman yang Teguh Mengalahkan Tembok yang Kuat

Yos 6

Apalah yang diharapkan orang Israel dari mengelilingi tembok yang menutupi kota dengan bunyi-bunyian saja. Tetapi mereka tetap melakukannya karena percaya dengan janji Tuhan bahwa tembok itu akan runtuh.

Mereka mengelilingi tembok itu selama tujuh hari. Hari pertama sampai hari ke enam mereka mengelilinginya satu kali dan hari ketujuh mereka mengelilinginya selama tujuh kali.

Saya tidak mendapatkan adanya tanda-tanda keruntuhan tembok pada hari pertama sampai hari keenam(hanya bunyi sangkakala dan seluruh bangsa Israel harus berdiam diri). Bahkan pada hari ketujuhpun, saya tidak menemukan bacaan yang mengatakan ada tanda-tanda keruntuhan sewaktu mereka mengelilingi satu sampai enam putaran (tetap hanya bunyi sangkakala dan seluruh bangsa Israel harus berdiam diri). Tetapi pada putaran yang ketujuh di hari yang ketujuh mereka memutari tembok itu, mereka bersorak-sorai, maka runtuhlah tembok itu.

Saya memikirkan kira-kira apa yang dipikirkan mereka ketika mereka mengelilingi tembok tanpa mengeluarkan sepatah katapun. Apakah mereka berdoa? Apakah ada keragu-raguan bahwa tembok itu akan runtuh atau tidak? Apakah masih ketakutan dengan orang-orang dalam kota itu yang terkenal kuat?

Dalam kehidupan saya, banyak tembok-tembok besar yang menjadi kesulitan dalam hidup. Tuhan selalu menjanjikan bahwa tembok-tembok kesulitan itu akan runtuh dalam waktunya Tuhan. Tapi sering kali saya tidak sabar karena saya tidak melihat adanya tanda-tanda bahwa tembok masalah itu akan runtuh. Tetapi janji Tuhan tidak pernah terlambat, tembok itu selalu runtuh tepat pada waktunya, menurut waktunya Tuhan.

Seringkali saya mencoba untuk meruntuhkan sendiri tembok itu. Tetapi hari ini saya mau menyerahkan semuanya pada Tuhan, biarlah Tuhan sendiri yang meruntuhkan tembok-tembok masalah dalam kehidupan saya. Saya hanya perlu berdiam diri untuk lebih banyak berdoa dengan teguh dan percaya sambil mengelilingi tembok (berusaha) dengan sabar maka Tuhan akan bertindak.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

