“Yang Kukehendaki ialah belas kasihan”

Perikop : Matius 9:9-13
Matius 9;13 à Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”
Satu pelajaran yang indah yang Tuhan berikan dierpikop ini, yang dimulai pemanggilan Matius, si pemungut cukai, yang notabene di cap sebagai orang berdosa, tetapi Yesus memanggilnya dan bukan sampai disitu saja, Dia juga turut makan dirumah bersama dengan teman – teman Matius yang bekerja ditempat yang sama dan juga orang berdosa lainnya.
Dan ini merupakan satu pemandangan yang kurang wajar yang dilihat oleh orang-orang yang mengaku beriman dan soleh yaitu orang – orang Farisi. Mereka mengecam Yesus oleh karena makan bersama orang berdosa, yang memang tidak pernah dilakukan oleh orang – orang Farisi.
Orang Farisi begitu mengagungkan akan perbaktian yang liturgy beserta persembahan – persembahannya. Sehingga seringkali mengabaikan apa itu belas kasihan. Dan untuk persembahan mereka sudah menetapkan standar – standar yang ada bahkan sering kali orang miskin harus mengikuti standar tersebut walaupun mereka tidak mampu, sehingga ini menyebabkan banyak orang sulit datang kepada Tuhan.
Pelajaran bagi saya adalah betapapun setianya saya berbakti dan memberi persembahan dengan tepat tetapi jika tidak ada belas kasihan didalam kehidupan saya itu akan menjadi batu sandungan bagi orang lain untuk datang kepada Tuhan.
Biarlah belas kasihan dari Tuhan menjadi bagian saya untuk saya bagikan kepada orang yang membutuhkannya. Amin.
Salam Sejahtera

AND

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s