“BERBUAT BAIK PADA HARI SABAT”

Perikop : Matius 12:9-15
Matius 12:12 à Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat.”
Dengan begitu banyaknya aturan di bangsa Israel mengenai hari sabat, ini membuat kehilangan makna sabat itu sendiri. Sehingga bukan hal yang diijinkan menolong orang lain pada hari sabat jika hal itu melanggar aturan hari sabat, namun aturan itu tidak berlaku bilmana seseorang menolong hewan dalam kesulitan.
Hal inilah yang ditegur oleh Yesus, manusia yang begitu berharga dimata Tuhan, tidak berarti di mata Bangsa Yahudi khususnya ahli-ahli Taurat dan juga orang Farisi. Lebih baik menolong hewan daripada menolong manusia pada hari sabat.
Yesus memberi pelajaran bahwa hari sabat dan berbuat baik merupakan sesuatu yang tidak bertentangan. Karena berbuat baik merupakan karakter yang seharusnya dimiliki oleh umat yang percaya, dan berbuat baik tidak dibatasi oleh waktu, hari, kondisi dan situasi. Untuk itu Yesus mau hari sabat jangan dijadikan alasan untuk tidak berbuat baik.
Saya juga rindu untuk tidak menjadikan hari sabat sebagai alasan untuk tidak melakukan apa-apa. Mentang – mentang hari sabat waktu istirahat, saya hanya tidur-tiduran dirumah saja. Saya harus menjadikan berbuat baik itu menjadi karakter hidup saya, sehingga pada waktu hari sabatpun saya dapat selalu berbuat baik bagi sesama agar dengan demikian nama Tuhan yang dipermuliakan. Dan melalui hal itu banyak jiwa dapat dimenangkan.

Salam Sejahtera
AND

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s