Allah Besertaku, Siapakah Lawanku?

Allah Besertaku, siapakah lawanku?

Yosua 23

Banyak hal yang tidak bisa saya pahami setiap membaca kisah bagaimana bangsa Israel menuju Kanaan. Sangat tidak masuk akal.

Sekumpulan tentara yang ingin memenangkan pertandingan tentulah akan berlatih keras, melengkapi persenjataan, menyusun strategi yang matang dan lain-lain sebagainya.

Hal ini tidak berlaku untuk bangsa Israel. Cara mereka untuk menggapai kemenangan hanyalah datang kepada TUHAN dengan segenap hati. Kemudian TUHAN memberikan strategi yang sepertinya terdengar biasa-biasa saja tetapi menghasilkan hasil yang sangat luar biasa.

Ketika bangsa Israel bersama TUHAN berperang melawan bangsa-bangsa yang kuat dan banyak dengan mudahnya mereka menang.

Tetapi ketika bangsa Israel tidak mengandalkan TUHAN sewaktu berperang melawan bangsa-bangsa yang lemah dan sedikit sekalipun, mereka mengalami kekalahan.

Kuncinya ternyata ada di ayat 10 “Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab TUHAN Allahmu, Dialah yang akan berperang bagi kamu seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu”.

Dan di ayat 11 mengatakan “Maka demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu”.

Ayat ini jg menjawab kekeliruan pemikiran saya selama ini yang beranggapan dengan pelayanan dan melakukan perintah Tuhan, maka saya merasa telah membantu Tuhan. Ternyata yang saya lakukan justru untuk menyelamatkan nyawa saya sendiri.

Segala perintah Tuhan yang diberikan kepada saya adalah untuk kebaikan diri saya sendiri.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

