Mana Mezbahmu?? – LA

Kejadian 12:1-8 [Abram dipanggil Allah]

Ada 4 hal yang saya anggap penting dalam perikop ini.

Yang pertama: Misi

Tuhan berfirman: “Pergilah dari negrimu….ke negri yang akan kutunjukkan kepadamu.” (ay 1)

Yang kedua: Janji

Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar. Aku akan memberkati orang yang memberkati engkau dan mengutuk orang yang mengutuk engkau. (ay 2 & 3)

Yang ketiga: Penurutan

Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan Tuhan (ay 4)

Yang keempat: Mezbah

“…lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi Tuhan dan memanggil nama Tuhan.” (ay 8)

Saya sudah menerima misi dari Tuhan. Saya sudah menerima janji-Nya. Saya sudah dan sedang melakukan penurutan. Sekarang, pertanyaan yang terakhir, dimana mezbahku? Apa itu mezbah? Mezbah adalah untuk ucapan syukur dan pengampunan dan korban bakaran. Ketiga hal ini harus (mutlak) ada di atas sebuah mezbah. Saat saya membangun mezbah maka akan ada ucapan syukur, akan ada pengakuan dosa, dan ada pengorbanan. Seperti lirik lagu dalam lagu sion: “Apa engkau tlah srahkan di mezbah Tuhan? segala nafsu hatimu”

Pertanyaan yang sama juga menjadi milik saya, apa yang akan saya korbankan/srahkan di mezbah Tuhan? Beberapa menit ke depan mungkin akan membuat hidup saya berbeda sama sekali. Saya tidak khawatir. Semua impian yang telah saya bangun selama ini, akan saya srahkan di mezbah Tuhan disertai dengan ucapan syukur dan pengakuan dosa.

Doa: Tuhan, sebentar lagi seseorang akan berbicara kepada saya ttg masa depan karir saya. Tolong saya agar saya bisa menjadikan ini mezbah bagi Tuhan disertai dengan ucapan syukur dan pengakuan dosa. Amin.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

