“MENGIKUT YESUS; KENYAMANAN ATAU PENDERITAAN”

Perikop : Matius 16:21-28

Matius 16:(24) Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Yesus memberitahu tentang apa yang akan terjadi dengan DiriNya kepada murid-muridNya, namun demikian respon dari murid yang begitu menyayangi Dia, yaitu Petrus, supaya hal itu dijauhkan daripadaNya.

Tetapi respon ini tidak didasarkan kehendak Tuhan. Petrus coba berpikir secara manusia agar Tuhannya dijauhkan dari segala marabahaya. Inilah pemikiran manusia, untuk mengikuti Tuhan harusnya nyaman, aman dan sejahtera, karena hanya ini yang diinginkan sedangkan penderitaan, kesusahan adalah sesuatu yang tidak diinginkan. Sehingga tidak heran, banyak umat Tuhan hilang dan meninggalkan Tuhan pada saat terjadai penderitaan dan kesusahan, dan mencoba mempersalahkan Tuhan atas kejadian yang menimpanya.

Namun Yesus memberitahukan sejak awal bahwa setiap orang yang mengikutiNya harus menyangkal diri, memikul salibnya dan mengikut Aku. Setiap umat Tuhan harus melewati semuanya ini. Dan Yesus memberitahukan hal ini supaya setiap umatNya mempersiapkan dirinya untuk menghadapi peristiwa-peristiwa tersebut dan melihat bagaimana Yesus memberi teladan melewati semuanya itu.

Mengikut Yesus, kenyamanan pasti akan kita dapatkan karena itulah janjiNya, tetapi penderitaanpun akan kita alami, untuk itu bersiaplah.

Karena itu sebagaimana saya mempersiapkan diri saya untuk menerima kenyamanan, berkat dan janji Tuhan didalam kehidupan saya, sayapun harus mempersiapkan diri saya untuk menghadapi penderitaan dan kesusahan yang akan terjadi. Agar semuanya itu untuk kepujian dan kemuliaan bagi namaNya.

Tolong hamba, ya Tuhan, bilamana Engkau mengijinkan hamba untuk mengalami penderitaan dan kesusahan. Karena janjiMulah yang akan menguatkan hamba.

Salam Sejahtera

AND

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s