Jalankan kewajiban tanpa mengharapkan hak

1 Kor 9:1-14

Sepertinya dalam perikop ini Paulus menghadapi kekecewaan kepada orang-orang disekitarnya. Paulus dikritik mengenai hak dan kewajibannya sebagai Rasul. Dalam perikop ini memang tidak dituliskan secara pasti apa isi dari kritikan itu, hanya terlihat dari pembelaan Paulus kira-kira seperti apa kritikan tersebut.

Sungguh sangat luar biasa yang Paulus lakukan. Dia melakukan semua pekerjaan penginjilan (tanggung jawab) tanpa mengharapkan apa-apa (hak). Paulus sama sekali tidak mengambil apa yang sesungguhnya adalah bagiannya (hak) tetapi benar-benar menjalankan apa yang menjadi tugasnya.

Ironisnya walaupun Paulus telah melakukan pengorbanan penuh, masih tidak luput dari perkataan tidak sedap dari orang-orang yang tidak suka terhadap Paulus.

Saya sangat suka dengan pembelaan yang Paulus lakukan. Paulus tidak mempersalahkan ataupun marah terhadap orang-orang yang mengkritiknya, tetapi dengan bijaksana membuka pikiran mereka, menjelaskan dengan seksama bagaimana aturan seharusnya dan apa yang sebenarnya dia lakukan.

Kalau pelayanan Paulus yang mendekati sempurna itu masih juga tidak luput dari kritikan, apalagi dengan pelayanan saya sangat tidak maksimal dibandingkan dengan Paulus.

Hari ini saya dikuatkan untuk tetap tenang, sebijaksana mungkin menghadapi kritikan-kritikan dari orang-orang yang kebanyakan hanya dapat berkomentar. Dan juga tetap setia dalam menjalani pelayanan tanpa memikirkan hak-hak yang harus saya peroleh, sepenuhnya berkorban karena Yesuspun telah mengorbankan seluruh kehidupannya untuk saya.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s