“MENCARI YANG HILANG”

Perikop : Matius 18:12-14

Matius 18:(12) Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan
meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?

Perumpamaan ini sebenarnya ada 2 makna yang sangat penting yang Yesus ingin ajarkan;
1. Mencari yang hilang dan membawanya kembali ke kandang
2. Jangan membuat seseorang menjadi hilang

Perumpamaan ini merupakan kelanjutan dari perikop sebelumnya yaitu mengenai penyesatan. Untuk itu Yesus pun menekan kembali bahwa jangan sampai membuat seseorang menjadi hilang dari keselamatan atau dengan kata lain jangan menyesatkan seseorang. Karena Bapa yang disorga tidak menghendaki seseorang itu hilang (Ayat 14).

Namun demikian jika pun sudah hilang, segala usaha dan upaya harus dilakukan untuk membawa orang tersebut kembali ke kandang dan usaha pencarian itu harus terus dilakukan agar orang tersebut diketemukan dan dibawa kepada Yesus. Itulah sebabnya mengapa Yesus berada di dunia ini, yaitu untuk mencari, menemukan dan membawa orang yang hilang kepada BapaNya yang di surga.

Dengan kata lain ini bukan saatnya untuk duduk berleha-leha, artinya inilah saatnya saya menyingsingkan lengan baju dan bekerja untuk mencari yang hilang karena untuk itulah saya dipanggil Tuhan. Karena Yesus telah menemukan saya yang hilang sudah sepatutnya sayapun mencari dan membawa orang yang hilang kepada Yesus.

Tolong ajar saya ya Yesus bagaimana saya harus mencari yang hilang. Dan berikan saya kekuatan untuk melakukan pencarian tersebut, agar saya punya tenaga untuk membawanya kembali kepadaMu. Amin

Salam Sejahtera
AND

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

