“ 4 MATA, 8 MATA DAN BANYAK MATA”

Perikop : Matius 18:15-20
Matius 18: (15) Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.

Menegor orang sebaiknya jangan sembarangan. Di Alkitab untuk menegor seseorang juga mempunyai peraturan yang jelas. Yang pertama ajak bicara melalui pertemuan 4 mata. Ini juga sama dengan personal touching atau sentuhan pribadi dimana dengan maksud agar orang itu dapat menerima apa yang menjadi nasihat si penegor untuk kembali karah yang seharusnya.
Selanjutnya jika dia belum mau terima, kita dapat mengajak orang untuk bersama-sama memberi nasihat dengan harapan semoga dengan adanya tambahwan orang nasihat itu akan diteimanya.

Namun bila ini juga tidak diterima, kita bisa minta pendapat bersama dengan jemaat lalu hasilnya disampaikan kemabli ke orang yang bersangkutan . Dan jika masukan dari jemaat ini tidak diterima, sampaikan kembali ke jemaat, dan tentukan sikap terhadap orang tersebut.
Artinya perikop ini memberi pengajran kepada saya bahwa saya jangan menegor orang dengan seenaknya ada aturan yang harus dilalui sebelum menentukan sikap terhadap orang tersebut.
Dan saya juga harus menggunakan sentuhan pribadi terhadap orang tersebut karena biasanya dengan komunikasi pribadi seseorang biasanya lebih tersentuh dan dapat kembali kejalan yang seharusnya.

Janji Tuhan: Akan berada ditengah tengah artinya selalu bersama dengan saya

Ya Tuhan ajarlah saya untuk berhati – hati didalam menegor seseorang dan juga didiklah saya supaya jangan menghakimi akan sesama saya. Biarlah Engkau berikan hamba karunia untuk menasihati secara pribadi tanpa menghakimi. Amin

Salam Sejahtera
AND

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

