Perbaktian yang bersemangat – LA

Nehemia 8 [Pembacaan kitab hukum Hari raya Pondok Daun]

8:5 (8-6) Ezra membuka kitab itu di depan mata seluruh umat, karena ia berdiri lebih tinggi dari semua orang itu. Pada waktu ia membuka kitab itu semua orang bangkit berdiri. 8:6 (8-7) Lalu Ezra memuji TUHAN, Allah yang maha besar, dan semua orang menyambut dengan: "Amin, amin!", sambil mengangkat tangan.Kemudian mereka berlutut dan sujud menyembahkepada TUHAN dengan muka sampai ke tanah. 8:7 (8-8) Juga Yesua, Bani, Serebya, Yamin, Akub, Sabetai, Hodia, Maaseya, Kelita, Azarya, Yozabad, Hanan, Pelaya, yang adalah orang-orang Lewi,mengajarkan Taurat itu kepada orang-orang itu, sementara orang-orang itu berdiri di tempatnya.

Saat saya membayangkan bagaimana suasana perbaktian saat itu, pasti sungguh sangat berbeda dengan perbaktian yang saya pernah ikuti seumur hidup saya. Perbaktian yang digambarkan dalam kitab Nehemia ini begitu expressive, begitu khusyuk, solem dan agung. Jemaat selalu menyambut setiap pengajaran dan pujian yang disampaikan oleh pemimpin perbaktian. Saat ini di gereja saya, tidak ada sambutan atas semua yang dikatakan oleh pendeta, jarang sekali ada yang menyambut dengan kata “Amin!” kalaupun ada, pastilah dengan volume yang sangat kecil. Apalagi sampai mengangkat tangan. Bisa2 dikecam massa krn dinilai sudah menganut ‘aliran lain’. Saat taurat diajarkan, semua orang berdiri di tempatnya. Sungguh, suatu perbaktian yang sangat saya idam-idamkan. Tetapi dalam perbaktian keluarga, saya dan anggota keluarga saya lebih ekspressive dan selalu menyambut setiap ajaran yang dibacakan.

Doa: Tuhan, saya mau lebih solem dalam perbaktian pribadi saya, agar ada semangat setiap kali tiba waktunya untuk mempelajari Firman-Mu.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

