Naaman Disembuhkan

2 Raja-raja 5

Aplikasi :
(1) Terkadang saya seperti Naaman, Tuhan memberikan beberapa petunjuk pertolongan yg tidak sesuai dengan apa yg saya pikirkan, saya menjadi gusar dan berpikir bahwa bukankah seperti ini atau itu, lebih baik. Kisah Naaman (Ayat 11 dan 12) mengajarkan saya bahwa ketika Tuhan ingin memberikan pertolongan, Ia bisa melakukannya dengan berbagai cara, bahkan dengan cara yg menurut saya ataupun orang lain, tidak masuk akal. Saya tidak boleh wondering bagaimana Dia menolong, tetapi percaya saja pada kuasa dari Siapa yang menolong.

(2) Elisa tidak ingin menerima apapun dari Naaman (Ayat 16). Elisa adalah abdi Allah, saya belajar bahwa Elisa ingin menunjukkan kepada Naaman salah satu sifat Allah, Yang Elisa layani, yakni pada saat Dia memberikan pertolongan, tidak seperti manusia (Eg. Gehazi, ayat 23) yg menginginkan imbalan, Dia memberikan pertolongan dengan tulus.

(3) Naaman bukanlah seorang yg percaya pada Tuhan pada awalnya (Ayat 1). Tetapi, “..oleh dia Tuhan telah memberikan kemenangan kepada orang Aram.” Kepada orang yg tidak percaya dan menyembah Tuhan saja, Tuhan mau memberikan kemenangan, apalagi kepada orang yang percaya & menyembah-Nya. Kepada orang yg tidak percaya dan menyembah Tuhan saja, Tuhan mempunyai rencana indah, apalagi kepada orang yang percaya & menyembah-Nya.

Komitmen : Sebagaimana Allah menolong saya dengan tulus tanpa meminta imbalan, saya juga mau menolong orang lain dengan tulus. Saya ingin selalu menjadikan Tuhan sebagai Penolong saya, bagaimana pun cara Dia menolong saya, saya, atas bantuan Roh Kudus, ingin menuruti petunjuk-Nya dalam memberi pertolongan bagi saya.

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

