Sudah Berpengetahuan-kah Saya?

Amsal 1:1-7

(1) Amsal-amsal Salomo bin Daud, raja Israel,

(2) untuk mengetahui hikmat dan didikan, untuk mengerti kata-kata yang bermakna,

(3) untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran,

(4) untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda–

(5) baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan–

(6) untuk mengerti amsal dan ibarat, perkataan dan teka-teki orang bijak.

(7) Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

Bahan Renungan

Apabila sebuah pertanyaan didengungkan ke telinga saya, “Apakah Anda mau menjadi orang pintar?” Maka secara naluri alamiah saya pasti memilih mau menjadi pintar. Tetapi apakah kepintaran itu menjadi jaminan bahwa seseorang itu akan bahagia dan merasa terberkati dengan kepintaran yang dimiliki?

Mari kita lihat kisah dari orang-orang yang termasuk dalam golongan orang pintar yang pernah ada di dunia ini. Inilah 10 orang terpintar dunia:

10. JOHN STUART MILL (20 Mei 1806 – 08 Mei 1873)

Mill adalah seorang filsuf dari Britania Raya. Dia bekerja sebagai seorang pelayan sipil di Inggris. Seseorang yang paling berpengaruh dalam teori sosial dan politik. Mill memiliki IQ 174.

9. EDMUND SPENSER (1552 – 13 Januari 1599)

Spenser adalah penyair dari Inggris yang terkenal dengan karyanya The Faerie Queene. Spenser memiliki IQ 175.

8. EMANUEL SWEDENBORG (29 Januari 1688 – 29 Maret 1772)

Swedenborg adalah seorang ilmuwan Swedia. Dia juga seorang Kristen mistik. Pada usia 56 tahun, dia bermimpi, dan mengaku telah ditunjuk oleh Tuhan untuk menulis Surga untuk mereformasi doktrin Kristen. Dia juga menyatakan bahwa Tuhan telah membuka matanya sehingga ia dapat melihat Surga-Neraka dan berbicara dengan malaikat. Dia mempunyai IQ 176.

7. JOHANN WOLFGANG VON GOETHE (28 Agustus 1749 – 22 Maret 1832)

Merupakan seorang ilmuwan dan penulis asal Jerman. Goethe adalah seorang tokoh penting dunia dalam sastra Jerman. Dia memiliki IQ 179.

6. LEONARDO DA VINCI (15 April 1452 – 02 Mei 1519)

Seniman terkenal dari Italia. Tetapi lebih suka menghabiskan hidupnya dalam sejarah Perancis. Karyanya yang paling terkenal adalah lukisan Mona Lisa. Da Vinci mempunyai IQ 180.

5. MARYLIN VOS SAVANT (11 Agustus 1946 – Sekarang)

Seorang penulis dari Amerika Serikat. Terdaftar sebagai pemilik 3 IQ tertinggi di Guinness Book of Record saat ini, dengan IQ 186.

4. SIR ISAAC NEWTON (04 Januari 1643 – 20 Maret 1727)

Ilmuwan yang menyimpulkan adanya gaya gravitasi bumi yang terkenal dengan pohon apelnya. Isaac Newton adalah seorang fisikawan, matematikawan, filsuf alam, astronom, dan teolog yang berasal dari Inggris. Newton memiliki IQ 190.

3. CHRISTOPHER LANGAN (1952 – Sekarang)

Christopher Michael Langan seorang warga negara Amerika Serikat yang berada dalam daftar urutan nomor 2 Guinness Book of Records dengan IQ 195. Mengembangkan sebuah teori hubungan antara pikiran dengan realita yang dikenal dengan “Cognitive – Theoretic Model of The Universe”.

2. KIM UNG YONG (08 Maret 1962 – Sekarang)

Satu-satunya orang paling jenius yang masih hidup sampai dengan hari ini. Tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai pemilik IQ tertinggi di dunia dengan IQ 210. Dia adalah laki-laki warga Korea. Barangkali, ia lahir ke dunia sebagai bayi ajaib. Kim kecil yang berusia 3 tahun, sudah bisa membaca-menulis dalam 4 bahasa ​​(Inggris, Korea, Jepang, dan Jerman). Pada usia 7 tahun, Kim diundang ke Amerika Serikat oleh NASA. Dia menyelesaikan Professor Ph.D-nya di Colorado State University sebelum usia 16 tahun. Kembali ke Korea ia mendapatkan gelar doktor dalam teknik sipil. Sekarang dia bekerja untuk NASA.

1. JAMES SIDIS (1 April 1898 – 17 Juli 1944)

Bukan Einstein, bukan juga Thomas Alva Edison. Tetapi itu adalah William James Sidis. Warga negara Amerika Serikat. Memiliki IQ lebih dari 250. Mengapa dia kurang dikenal dunia? Orang ini terlalu pintar. Hanya dalam usia 11 tahun, dia sudah memasuki universitas. Dia menjadi mahasiswa termuda di Harvard University. Sepanjang hidupnya, Sidis telah menguasai 200 bahasa di dunia. Bahkan, dia dapat menghafal sebuah bahasa secara keseluruhan hanya dalam 1 hari. Kecerdasan yang luar biasa membuatnya gila. Dia tidak mempunyai teman atau pacar. Bahkan dia meninggalkan rumah, meninggalkan keluarganya dan mengasingkan diri. Dia meninggal pada usia 46 tahun dalam keadaan menganggur, terasing, and sangat miskin.

Di dalam firman Tuhan yang tertulis dalam Amsal 1:7, disebutkan bahwa untuk bisa menjadi orang yang berpengetahuan adalah dengan terlebih dahulu takut akan Tuhan. Lalu apa faedahnya kalau saya takut akan Tuhan (Amsal 1:4 & 5)?

1. Memberikan kecerdasan kepada orang yang tidak berpengalaman.

2. Memberikan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda.

3. Menyanggupkan orang bijak untuk mendengar dan menambah ilmu.

4. Memperoleh bahan pertimbangan bagi orang yang berpengertian.

Dengan demikian bisa saya telisik lebih dalam lagi bahwa firman ini berlaku bukan hanya untuk orang yang mencari hikmat dan sebagainya, tetapi bahkan orang yang berhikmat sekalipun harus takut akan Tuhan supaya disempurnakan di dalam tabiat dan peran yang dijalankan di dalam masyarakat.

Tanpa pemikiran dan sikap yang takut akan Tuhan, maka semuanya akan menjadi sia-sia (seperti yang terdapat di dalam buku Pengkhotbah).

Dorongan

Tuhan, bantu saya untuk tidak menyia-nyiakan hidupku dan hidup orang lain, supaya saya tidak merasa bahwa pengetahuan dunia yang saya miliki menjadi solusi yang tepat tetapi biarlah segala hal yang saya pikirkan, lakukan dan bagikan akan mendatangkan sukacita bagi hadiratMu, berkat bagi diri saya dan diri orang lain sehingga tabiat saya semakin disempurnakan di dalam Engkau.

Salam,
Frank

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s