Penjaga Yerusalem – LA

Nehemia 11 [Daftar penduduk Yerusalem dan Yehuda]

Undi dibuang untuk menentukan siapa yang harus menetap di Yerusalem. Kenapa sampai harus membuang undi? Krn tidak ada/jarang yang mau secara sukarela. Kenapa?

Yerusalem adalah kota yang kudus. Tidak semua orang boleh tinggal di sana. Kota itu adalah pusat pemerintahan. Kaabah ada disana. Kota yang dibentengi dengan tembok yang kokoh. Kota yang menjadi target utama penyerangan musuh2 bangsa Israel. Golongan Imam, sudah pasti harus tinggal di Yerusalem. Para pemimpin bangsa, dan tokoh2 pemerintahan, sudah pasti harus menetap di sana. Para prajurit, penjaga pintu, pelayaan bait suci, sudah pasti harus ada di sana. Allah punya misi untuk Yerusalem, disanalah tempat kediaman Allah yang dilambangkan dengan Bait Suci. Ada banyak peraturan, tata cara peribadatan yang harus dipertahankan di Yerusalem. Ada pelayanan menanti di Yerusalem. Ada berkat jasmani dan rohani secara khusus bagi orang2 yang tinggal di Yerusalem.

Allah mau memanggil lagi 1 dari 10 orang untuk tinggal di sana. Orang yang mau tinggal 24 jam dalam keadaan siaga. Orang yang (mungkin) harus berpisah dari keluarganya, untuk tinggal di Yerusalem. Orang2 yang perkasa. Orang2 yang hidup hanya untuk misi. Itulah sebabnya jarang ada orang yang sukarela untuk tinggal di sana.

Ayat 2 mengatakan: “Orang2 memuji setiap orang yang rela menetap di Yerusalem”. Krn memang sangat berat untuk hidup di Yerusalem. Sementara orang2 lain yang hidup di kota2 lain (di luar Yerusalem) bisa berkumpul dengan keluarganya, bisa membuka ladang dan mengusahakannya, bisa memperoleh keuntungan dari hasil usahanya, mereka yang tinggal di Yerusalem tidak bisa melakukan semuanya itu.

Jadi ada 3 kelompok orang yang tinggal di Yerusalem:

1. Orang yang oleh karena tanggung jawab jabatan

2. Orang yang terkena undi

3. Orang yang sukarela tinggal di Yerusalem

Termasuk dalam kelompok manakah saya? Saat ini, saya pun sedang menuju ke Yerusalem baru. Bagaimana saya bisa tiba di sana? Apa yang harus saya tinggalkan?

Doa: Tuhan, tolong saya agar dengan sukarela meninggalkan semuanya untuk masuk ke dalam Yerusalem. Amin.

1 Comment

Filed under Meditasi Alkitab

One response to “Penjaga Yerusalem – LA

  1. GS

    Amin…. Saya juga mau ikutan ke Yerusalem baru…. very good point!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s