Hikmat dan Pengetahuan yang Sia-sia

Pkh 1:12-18

(12) Aku, Pengkhotbah, adalah raja atas Israel di Yerusalem.



(13) Aku membulatkan hatiku untuk memeriksa dan menyelidiki dengan hikmat segala yang terjadi di bawah langit. Itu pekerjaan yang menyusahkan yang diberikan Allah kepada anak-anak manusia untuk melelahkan diri.



(14) Aku telah melihat segala perbuatan yang dilakukan orang di bawah matahari, tetapi lihatlah, segala sesuatu adalah kesia-siaan dan usaha menjaring angin.



(15) Yang bongkok tak dapat diluruskan, dan yang tidak ada tak dapat dihitung.



(16) Aku berkata dalam hati: “Lihatlah, aku telah memperbesar dan menambah hikmat lebih dari pada semua orang yang memerintah atas Yerusalem sebelum aku, dan hatiku telah memperoleh banyak hikmat dan pengetahuan.”



(17) Aku telah membulatkan hatiku untuk memahami hikmat dan pengetahuan, kebodohan dan kebebalan. Tetapi aku menyadari bahwa hal inipun adalah usaha menjaring angin,



(18) karena di dalam banyak hikmat ada banyak susah hati, dan siapa memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan.

Bahan Renungan

Orang yang memiliki hikmat dan pengetahuan tetapi tidak tinggal di dalam Tuhan adalah sama dengan orang yang bodoh dan bebal oleh karena semuanya akan menjadi sia-sia. Sudah lelah mengejar hikmat dan pengetahuan selama hidup tetapi kemudian tidak menjadi ahli waris kerajaan Sorga, sama saja tidak berguna.

Jadi apabila saya sedang dalam keadaan berkecukupan ataupun berkekurangan namun tidak tinggal di dalam Kristus, maka saya akan menjadi seperti asap yang sebentar muncul lalu menghilang kemudian.

Ingatkan saya Tuhan untuk selalu menjaga hubungan yang erat dengan Engkau supaya keberadaan dan kehidupan saya tidak menjadi sia-sia bagiMu.

Salam,

Frank

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

