Musa yang “GR”

Keluaran 32

Memang bangsa Israel adalah bangsa yang tegar tengkuk dan seperti kuda liar yang lepas kandang. Dengan cepat mereka mengambil keputusan tanpa bertanya kepada Tuhan. Apa, kapan, di mana, siapa dan bagaimana dibuat berdasarkan pemahaman mereka semata-mata. Mereka gagal!

Tuhan merencanakan pembinasaan bagi bangsa ini. Terjadilah “diskusi” antara Tuhan dan Musa. Kelihatannya Musa menang tapi kemenangannya tidak lama. Ketika dia tiba di kaki gunung, Musa murka sampai loh batu dihancurkan oleh dia.

Ternyata manusia pada dasarnya lemah oleh karena kedagingannya. Bangsa Israel lemah, Harun lunak dan Musa sendiri pun gagal. Saya belajar untuk tidak “GR” bahwa saya sanggup dan mampu tapi saya mau bergantung sepenuhnya kepada Tuhan.

Doa: “Bapa yang kekasih, ini saya yang sering terlalu percaya diri untuk kemampuan dan kesanggupan saya dalam pertarungan iman sementara saya menjalani kehidupan yang Tuhan percayakan kepada saya. Ajar saya untuk percaya sepenuhnya kepada-Mu bahwa rencana dan waktu-Mulah yang terbaik. Amin”

Sent from my iPad

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

