Pengejaran Hikmat yang Mengecewakan

Pkh 7:23-8:1 => Pengejaran hikmat yang mengecewakan

(23) Kesemuanya ini telah kuuji untuk mencapai hikmat. Kataku: “Aku hendak memperoleh hikmat,” tetapi hikmat itu jauh dari padaku.

(24) Apa yang ada, itu jauh dan dalam, sangat dalam, siapa yang dapat menemukannya?

(25) Aku tujukan perhatianku untuk memahami, menyelidiki, dan mencari hikmat dan kesimpulan, serta untuk mengetahui bahwa kefasikan itu kebodohan dan kebebalan itu kegilaan.

(26) Dan aku menemukan sesuatu yang lebih pahit dari pada maut: perempuan yang adalah jala, yang hatinya adalah jerat dan tangannya adalah belenggu. Orang yang dikenan Allah terhindar dari padanya, tetapi orang yang berdosa ditangkapnya.

(27) Lihatlah, ini yang kudapati, kata Pengkhotbah: Sementara menyatukan yang satu dengan yang lain untuk mendapat kesimpulan,

(28) yang masih kucari tetapi tidak kudapati, kudapati seorang laki-laki di antara seribu, tetapi tidak kudapati seorang perempuan di antara mereka.

(29) Lihatlah, hanya ini yang kudapati: bahwa Allah telah menjadikan manusia yang jujur, tetapi mereka mencari banyak dalih.

(1) Siapakah seperti orang berhikmat? Dan siapakah yang mengetahui keterangan setiap perkara? Hikmat manusia menjadikan wajahnya bercahaya dan berubahlah kekerasan wajahnya.

Bahan Renungan

Raja Salomo mengungkapkan bahwa pengejaran hikmat yang dilakukannya tidak memberikan jawaban atas semua hal yang ingin diketahuinya. Sesuatu yang didapatkan olehnya adalah Allah telah membuat manusia itu sederhana dan biasa, tetapi manusia sendirilah yang membuat diri mereka rumit dan berbelit-belit sehingga mudah terjerat dosa.

Saya harus hati-hati dengan dalih yang saya keluarkan, karena terlalu banyak dalih akan menuntun saya kepada jerat dosa dan ini bukanlah bagian dari hikmat. Orang yang berhikmat adalah orang yang jujur, sederhana dan biasa sehingga Tuhan akan membuat saya bergembira dan memiliki wajah yang cerah.

Salam,
Frank

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s