Jenis Pertobatan

Kejadian 28

Di pasal ini Alkitab memberikan dua contoh pertobatan. Pertama, Esau ketika menyadari bahwa ayahnya tidak menyukai istri-istrinya yang orang Het itu, mengambil istri baru dari anak Ismael tetapi tidak melepaskan dua istri orang Het itu. Sama seperti seseorang yang mengatakan mau bertobat lalu melakukan perbuatan yang benar tetapi tetap mempertahankan perbuatan yang salah.

Kedua, Yakub yang menyadari kesalahannya, menuruti semua nasihat ayahnya termasuk meninggalkan kenyaman tinggal bersama kedua orang tuanya. Dia berjanji setia kepada Tuhan. Ini adalah pertobatan jenis kedua. Sadar akan kesalahan dan memulai yang baru walaupun tidak nyaman dan mudah.

Pertobatan jenis apa yang saya jalani selama ini? Tuhan ingin menyelamatkan saya dari dosa bukan menyelamatan saya dalam dosa. Sebagai konsekuensinya salah memilih pertobatan jenis kedua. Tuhan akan menyanggupkan saya.

Doa: “Bapa yang penuh kasih, saya bersyukur untuk jalan pertobatan yang Engkau nyatakan hari ini. Tolong saya bertobat sungguh-sungguh. Sanggupkan saya. Jadikan saya baru hari ini. Amin.”

Sent from my iPad

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s