Melecehkan Tuhan dengan Pemberian/Persembahan yang Cacat

MAL 1:6-14 = Melecehkan Tuhan dengan Pemberian/Persembahan yang Cacat

(6) Seorang anak menghormati bapanya dan seorang hamba menghormati tuannya. Jika Aku ini bapa, di manakah hormat yang kepada-Ku itu? Jika Aku ini tuan, di manakah takut yang kepada-Ku itu? firman TUHAN semesta alam kepada kamu, hai para imam yang menghina nama-Ku. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menghina nama-Mu?”

(7) Kamu membawa roti cemar ke atas mezbah-Ku, tetapi berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami mencemarkannya?” Dengan cara menyangka: “Meja TUHAN boleh dihinakan!”

(8) Apabila kamu membawa seekor binatang buta untuk dipersembahkan, tidakkah itu jahat? Apabila kamu membawa binatang yang timpang dan sakit, tidakkah itu jahat? Cobalah menyampaikannya kepada bupatimu, apakah ia berkenan kepadamu, apalagi menyambut engkau dengan baik? firman TUHAN semesta alam.

(9) Maka sekarang: “Cobalah melunakkan hati Allah, supaya Ia mengasihani kita!” Oleh tangan kamulah terjadi hal itu, masakan Ia akan menyambut salah seorang dari padamu dengan baik? firman TUHAN semesta alam.

(10) Sekiranya ada di antara kamu yang mau menutup pintu, supaya jangan kamu menyalakan api di mezbah-Ku dengan percuma. Aku tidak suka kepada kamu, firman TUHAN semesta alam, dan Aku tidak berkenan menerima persembahan dari tanganmu.

(11) Sebab dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, dan di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban bagi nama-Ku dan juga korban sajian yang tahir; sebab nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, firman TUHAN semesta alam.

(12) Tetapi kamu ini menajiskannya, karena kamu menyangka: “Meja Tuhan memang cemar dan makanan yang ada di situ boleh dihinakan!”

(13) Kamu berkata: “Lihat, alangkah susah payahnya!” dan kamu menyusahkan Aku, firman TUHAN semesta alam. Kamu membawa binatang yang dirampas, binatang yang timpang dan binatang yang sakit, kamu membawanya sebagai persembahan. Akan berkenankah Aku menerimanya dari tanganmu? firman TUHAN.

(14) Terkutuklah penipu, yang mempunyai seekor binatang jantan di antara kawanan ternaknya, yang dinazarkannya, tetapi ia mempersembahkan binatang yang cacat kepada Tuhan. Sebab Aku ini Raja yang besar, firman TUHAN semesta alam, dan nama-Ku ditakuti di antara bangsa-bangsa.

Bahan Renungan

Pada saat saya menghormati ayah/ibu saya, maka saya pun akan berusaha untuk memberikan sesuatu yang terbaik kepada mereka. Demikian juga dengan tuntutan Tuhan terhadap saya. Saya harus memberikan sesuatu yang terbaik kepada Tuhan, bukan sesuatu yang cacat.

Barangkali hal kecil yang bisa saya bagikan adalah pada saat memberikan persembahan kepada Tuhan. Seringkali uang yang diambil dari dompet bukanlah uang yang sudah dipersiapkan dari rumah, tetapi merupakan spontanitas oleh karena hanya uang tersebutlah yang memang tersedia di dompet saya. Syukur-syukur kalau uangnya bagus, bagaimana kalau uang yang akan diberikan untuk persembahan itu kotor, jelek dan terlipat-lipat? Dan bagaimana pula apabila uang tersebut bukanlah uang halal, tetapi merupakan hasil penipuan/pemerasan terhadap orang lain?

Tentu Tuhan akan sangat murka mendapati persembahan saya sangat melecehkan hadirat-Nya. Hal ini menjadi pelajaran bagi saya bahwa saya tidak boleh menutup mata terhadap sumber uang yang akan diberikan kepada Tuhan serta mempertimbangkan kelayakan dari uang tersebut untuk saya persembahkan kepada Tuhan.

Tuhan, ampunilah saya terhadap kesalahan-kesalahan seperti ini yang membuat Engkat muak, marah dan dilecehkan. Biarlah hambaMu ini boleh memperbaiki diri sesuai dengan kehendakMu. Amin.

Salam,

Frank

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s