Pendeta Mengeluh

HAB 1:1-4 = Keluhan nabi karena ketidaksetiaan



(1) Ucapan Ilahi dalam penglihatan nabi Habakuk.

(2) Berapa lama lagi, TUHAN, aku berteriak, tetapi tidak Kaudengar, aku berseru kepada-Mu: “Penindasan!” tetapi tidak Kautolong?

(3) Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan, sehingga aku memandang kelaliman? Ya, aniaya dan kekerasan ada di depan mataku; perbantahan dan pertikaian terjadi.

4) Itulah sebabnya hukum kehilangan kekuatannya dan tidak pernah muncul keadilan, sebab orang fasik mengepung orang benar; itulah sebabnya keadilan muncul terbalik.

Bahan Renungan

Betapa berat beban yang dirasakan oleh nabi Habakuk melihat umat-umat Tuhan melakukan penindasan, penganiayaan dan kekerasan terhadap sesama. Peringatan diabaikan dan perselisihan muncul di dalam anggota jemaat Tuhan oleh karena orang jahat sudah lebih banyak dari orang benar yang mengakibatkan keadilan dapat diputarbalikkan sesuai dengan keinginan seseorang/kelompok.

Pernahkah saya mengevaluasi diri saya di dalam aktifitas kerohanian terhadap Tuhan, anggota jemaat dan bahkan Pendeta yang menggembalakannya? Barangkali ada hal-hal yang tidak berkenan yang tidak saya sadari telah membuat Pendeta dan anggota jemaat mempertanyakan keadilan Tuhan atas perbuatan yang saya tunjukkan.

Bisa jadi saya mengikuti arus yang tidak baik di dalam jemaat atau bahkan saya getol menyakiti bukan dalam konteks untuk memberi nasihat yang baik, atau barangkali karena saya memiliki kepentingan tertentu di dalam jemaat.

Hal-hal seperti hanya bisa saya ketahui dengan tetap mempelajari dan peka terhadap sabda Tuhan. Diluar Tuhan, maka ke-egoan akan menguasai pikiran dan perilaku sehingga cenderung untuk memupuk perbuatan dosa.

Terpujilah Tuhan untuk sabda yang baik ini supaya saya tidak mendatangkan duka terhadap Pendeta jemaat saya.

Salam,

Frank

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

