Penatua Jemaat

TIT 1:5-16 = Tugas Titus di Kreta – Syarat-syarat bagi penatua, penilik jemaat



(5) Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu,

(6) yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib.

(7) Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah,

(8) melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri

(9) dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.

(10) Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.

(11) Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya, karena mereka mengacau banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan.

(12) Seorang dari kalangan mereka, nabi mereka sendiri, pernah berkata: “Dasar orang Kreta pembohong, binatang buas, pelahap yang malas.”

(13) Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman,

(14) dan tidak lagi mengindahkan dongeng-dongeng Yahudi dan hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran.

(15) Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatupun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis.

(16) Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

Bahan Renungan

Rasul Paulus memberikan tugas besar kepada Titus untuk membentuk dan mengarahkan orang-orang Kreta yang sifatnya:
– Pembohong

– Binatang buas yang rakus

– Pelahap yang malas

Tugas ini terasa semakin berat karena Titus harus memilih orang Kreta menjadi penatua jemaat. Bagaimana mungkin orang-orang Kreta yang memiliki sifat-sifat diatas bisa menjadi penatua jemaat?

Syarat menjadi penatua jemaat:

1. Tidak bercacat (hanya mempunyai satu isteri, anak-anaknya hidup beriman bukan berandal dan tidak bisa diatur).

2. Tidak angkuh ~ tidak sombong.

3. Bukan pemberang ~ bukan pemarah.

4. Bukan peminum ~ bukan pemabuk.

5. Bukan pemarah ~ tidak suka berkelahi.

6. Tidak serakah ~ tidak mata duitan.

7. Suka memberi tumpangan ~ senang menerima orang di rumahnya.

8. Suka akan yang baik.

9. Bijaksana.

10. Adil.

11. Saleh.

12. Dapat menguasai diri.

13. Berpegang kepada perkataan yang benar yang sesuai ajaran sehat supaya sanggup menasihati orang dan meyakinkan penentang-penentangnya.

Bagaimanakah Titus mengubah orang-orang Kreta? Yaitu menegur mereka dengan tegas supaya tetap berpegang pada ajaran yang benar dan tidak berpegang pada dongeng-dongeng atau peraturan yang dibuat oleh orang-orang yang menolak kebenaran.

Dengan mendapatkan motivasi dari Paulus dan campur tangan Allah, Titus sanggup untuk menjalankan misi yang diembankan kepadanya sehingga orang-orang Kreta bisa bertobat dari perbuatan-perbuatan dosa sebelumnya.

Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, orang-orang yang sudah dicap sebagai pendosa ternyata dapat diubahkan menjadi pembawa kebenaran asalkan saya mau digunakan oleh Tuhan untuk pekerjaanNya.

Sanggupkan saya Tuhan supaya kebenaran yang sudah saya miliki bisa mengubahkan orang-orang yang ada di sekitar saya. Tuhan memberkati.

Salam,

Frank

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s