Meneladani Sang Mediator

1 Yoh 2:1-6 = Kristus pengantara kita

(1) Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.

(2) Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

(3) Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya.

(4) Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran.

(5) Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.

(6) Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Bahan Renungan

Pada saat Kristus menjadi mediator bagi Allah dengan manusia, maka saya pun harus menjalin suatu hubungan yang erat dengan Kristus karena hanya melalui Kristuslah saya yang berdosa ini dapat berhubungan dengan Allah.

Dan syarat utama untuk mengenal Allah adalah dengan menuruti perintah-perintahNya. Lalu siapakah di muka bumi ini yang berhasil menghidupkan perintah-perintah Allah? Ya, Yesus Kristus juga. Kendati pun Yesus adalah Anak Allah, seluruh perintah Bapa-Nya dituruti. Tidak ada satu pun dari perintah-perintah itu yang dilanggar oleh Kristus.

Raga manusia yang lemah tidak menjadi penghalang untuk menuruti perintah-perintah Allah. Kristus sudah membuktikanNya. Tidak ada alasan untuk meminta keringanan dalam penurutan hukum Allah. Jika saya mengenal Allah berarti saya harus siap menuruti seluruh perintahNya (mutlak), tidak setengah-setengah sehingga akan lebih banyak jiwa dituai pada saat kedatanganNya. Jika nabi-nabi maupun hamba-hamba Allah bisa melakukannya, mengapa saya tidak bisa?

Tuhan, kuatkan saya untuk melakukan perintah-perintahMu. Amin.

Salam,

Frank

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s