Pendusta = Anti Kristus

I YOH 2:18-27 = Anti Kristus



(18) Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

(19) Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

(20) Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.

(21) Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.

(22) Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

(23) Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.

(24) Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.

(25) Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.

(26) Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu.

(27) Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu–dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta–dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

Bahan Renungan

Mengapa semakin banyak orang yang menjadi anti Kristus? Ternyata tahapannya dimulai dari dusta. Mengapa dusta memiliki rating yang tertinggi dalam kehidupan orang-orang jaman sekarang? Oleh karena mengejar selera dan pemuasan akan keinginan daging.

Sebuah slogan yang terdengar baik “Berdusta demi kebaikan/ Berdusta demi kemajuan” menjadi suatu motto yang dikejar oleh banyak orang. Tidak heran, hal ini mengakibatkan semakin banyak orang-orang yang masuk dalam golongan anti Kristus.

Apa hubungannya berdusta dengan anti Kristus? Setan adalah seorang pioneer dalam berbohong/berdusta dan trademark ini sudah menempel erat pada dirinya. Jika saya melakukan kebiasaan berdusta, berarti saya merupakan bagian dari pekerjaan Setan (kaki tangan Setan). Lalu siapakah Setan itu? Dia adalah anti Kristus yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

Kristus mengajak saya untuk menghindari dusta dan menghidupkan pengajaran yang benar oleh karena dusta itu tidak pernah berasal dari kebenaran. Dan jika saya taat kepada apa yang diajarkan oleh Roh Kristus, maka saya bisa hidup bersatu dengan Kristus.

Tuhan tolong saya menghindari segala bentuk dusta kendatipun hal ini bertolak belakang dengan keinginan sebagian besar orang-orang yang berinteraksi dengan saya. Apapun resikonya, biarlah saya bisa menjalaninya dengan penuh sukacita di dalam Engkau. Amin.

Salam,

Frank

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s