Anak perempuan yang luar biasa!

2 Raja-raja 5 : 1 ā€“ 27 [Naaman disembuhkan]

Saya membeli sebuah buku cerita bergambar untuk anak saya yang masih berusia 1.5 thn. Isi cerita itu adalah tentang pelayan Naaman. Cerita ini bukanlah cerita yang baru untuk saya. Namun saat saya membaca cerita ini untuk anak perempuan saya, timbul pemikiran dan pertanyaan2 yang mengusik saya sampai hari ini.

Seorang anak perempuan dijadikan tawanan dari Israel (samaria) ke Aram dan kemudian dijadikan pelayan dirumah Naaman, seorang pahlawan tentara.

Saya sangat mengagumi ketegaran anak perempuan ini. Bukanlah suatu hal yang mudah untuk dipisahkan dengan keluarga dan kampung halaman secara paksa. Kemudian menempuh perjalanan yang panjang meninggalkan Israel sebagai seorang tawanan, hingga tiba di Aram untuk dijadikan pembantu.

Apa yang membuatnya tegar dan berani? Apa yang membuatnya tetap berpikiran positif? Apa yang membuat hatinya tetap bersih dan tidak menyimpan dendam saat memberikan jalan keluar bagi penyakit kusta majikannya? Apa juga yang membuatnya tetap tinggal di Aram saat Naaman, majikannya, pergi ke Israel (kampung halaman anak perempuan ini) untuk mencari kesembuhan? Bisa saja anak perempuan ini meminta untuk ikut Naaman ke Israel, untuk sekedar melepas kerinduannya atau bertemu sanak keluarganya di kampung halamannya. Tetapi dia tidak meminta itu. Dia tetap tinggal di Aram untuk melayani Nyonya Naaman. Dan saat Naaman kembali ke Aram dengan kesembuhan, bisa saja dia meminta imbalan dari Naaman agar diberi kebebasan dan dipulangkan ke Israel. Tetapi Alkitab tidak berkata demikian.

Cerita selanjutnya mengatakan bahwa akhirnya Naaman dan keluarganya menyembah Allah Israel seperti anak perempuan ini. Dan juga dengan pertolongan Tuhan, akhirnya Aram berdamai dengan Israel. Saya berharap saya dapat bertemu dengan anak perempuan ini untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan2 saya. Saya sangat mengaguminya. Dia begitu dewasa, mandiri, berani, dan tegar. Bagaimana cara orang tuanya mendidiknya sehingga dia menjadi seperti itu? Bisakah saya mendidik anak perempuan saya menjadi seperti anak pelayan ini?

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

