Firman Tuhan = Kebijaksana dan Akal Budi

Ulangan 4:1-40

Cuma satu pesan yang Musa sampaikan dan itulah yang terpenting bagi bangsa Israel yaitu tururilah firman Tuhan karena itu adalah kebijaksanaan dan akal budi bagi yang menurutinya.

Pertanyaan yang muncul adalah mengapa Musa tidak mengajarkan strategi berperang dimana dia ahli dalam hal itu? Karena dia sudah melihat apa yang Tuhan telah lakukan bagi bangsa itu. Untuk itu pesan yang satu itulah yang dia berikan dan warisi kepada bangsa itu dan penerusnya.

Dulu saya berpikir bahwa supaya seseorang disebut bijaksana dan berakal budi harus sekolah yang tinggi, mempunyai banyak titel. Sehingga harus belajar setengah mati untuk mendapat nilai yang terbaik. Namun belajar Alkitab dan firman Tuhan sekedarnya saja. Kalau ada waktu senggang baru membuka dan membacanya.

Hari ini Tuhan telah membuka mata saya, bawa teladan penurutan akan firman Tuhan dan mempelajari firmanNya adalah kebijaksanaan dan akal budi yang tertinggi bagi manusia.
Jikalau firman Tuhan begitu penting bagi saya, mengapa saya hanya memberikan waktu beberapa menit untuk membacanya? Jikalau penurutan yang setia kepada Tuhan adalah kebijaksanaan dan akal budi yang tertinggi dan yang Tuhan harapkan, untuk apa saya selalu melanggarnya? Jikalau teladan kesetiaan kepada Tuhan adalah warisan yang terindah, untuk apa saya bekerja jauh malam dan sedikit waktu bersekutu dengan Tuhan dan menjalankan misiNya?

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

