Kuatkan Dan Teguhkan Hati

Ulangan 31:1-8

Kepemimpinan Musa akan diganti oleh Yosua, oleh karena tugasnya sudah selesai. Tuhan perintahkan Musa untuk menyampaikan satu pesan "Kuatkan dan Teguhkan hatimu" untuk memandang apa yang telah Tuhan perbuat sampai bangsa Israel tiba di tanah Moab sebelum bangsa itu menyeberang sungai Yordan dan memandang apa yang Tuhan akan lakukan sampai bangsa Israel tiba di tanah perjanjian itu.

Satu pesan yang sangat sederhana namun bermakna sangat dalam.
Tuhan tahu bangsa ini akan menghadapi halangan dan rintangan yang sangat besar dan melalui kekuatan manusia, bangsa ini tidak akan bisa menang. Tetapi bagi Tuhan, halangan dan rintangan yang besar itu hanya seperti debu.
Untuk itu Tuhan meminta Yosua menguatkan dan meneguhkan hatinya untuk tetap memandang Tuhan yang lebih besar dan kuat dari halangan dan rintangan yang akan dia hadapi. Jangan takut dan jangan patah hati lalu menurunkan pandangan itu dan akhirnya hanya melihat halangan dan rintangan tersebut sehingga Tuhan yang ada diatasnya tidak kelihatan.

Renungan bagi saya: Apakah saya sudah menguatkan dan meneguhkan hati saya untuk memandang Tuhan? Atau saya sedang menguatkan Dan meneguhkan hati saya untuk memandang yang lain? Pesan apa yang saya sampaikan kepada generasi berikutnya, Apakah "kuatkan dan teguhkan hatimu untuk memandang Tuhan" atau "kuatkan dan teguhkan hatimu untuk memandang karir yang harus dicapai, harta yang melimpah untuk kekuasaan dan kedudukan yang tinggi supaya dihormati"? Apakah saya selalu memandang Tuhan atau memandang masalah? Apakah saya sedang berjalan bersama Tuhan menuju Tanah Perjanjian Surgawi atau …?

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

