Belajar Takut Akan Tuhan

Ulangan 31:9-13

Pembacaan hukum Taurat Tuhan harus dibacakan tiap 7 tahun pada saat perayaan Pondok Daun supaya bangsa Israel mendengar dan belajar takut akan Tuhan lalu melakukan segala hukum itu.

Tuhan sedang mengajarkan bahwa penurutan hanya bisa terjadi kalau bangsa itu takut akan Tuhan, dan takut akan Tuhan terjadi kalo bangsa itu membaca dan mendengarkan hukum Tuhan dengan penuh sukacita. Untuk itu pembacaan hukum Taurat itu dilakukan pada saat hari raya Pondok Daun dimana hutang – hutang lunas. Bukan saja yang punya hutang bersukacita karena hutangnya sudah lunas tetapi pemberi hutangpun bersukacita karena ia telah menuruti perintah Tuhan dan melakukan kebaikan.

Artinya di zaman sekarang ini, Tuhan mau setiap manusia membaca dan mendengarkan hukum Taurat itu dengan penuh sukacita sambil memokuskan pandangannya kepada Salib, karena melalui salib, hutang dosa telah lunas dibayar dan Yesus pun melakukannya dengan penuh kasih dan sukacita.
Sehingga setiap manusia boleh belajar takut akan Tuhan lalu menurutinya.

Pelajaran bagi saya: Pada saat saya membaca dan mendengar hukum dan firman Tuhan, dimanakah fokus saya? Apakah saya merasakan sukacita pada saat saya memandang kepada salib? Apakah saya sudah belajar takut akan Tuhan? Apakah saya sudah mengabarkan dan mengajarkan kepada orang lain, sehingga mereka juga belajar takut akan Tuhan?

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s