Rahab-Pahlawan Iman

Yosua 2:1-24

Rahab berasal dari negeri kafir, suatu negeri yang besar dengan sistem pertahanan yang kokoh, yang akan diserang oleh suatu bangsa yang baru keluar dari perbudakan. Dia telah mendengar berita tentang bagaimana Tuhan membawa bangsa Israel keluar dari Mesir dan juga bagaimana Tuhan memberi kemenangan dengan mengalahkan negeri yang lebih besar, kuat dan pengalaman dalam berperang.
Dan dia juga percaya bahwa Tuhan akan menyerahkan negerinya untuk bangsa Israel.

Oleh karena itu dia menyambut ramah kedua pengintai itu dan menolong mereka.
Dengan jalan itu, dia bukan hanya menyelamatkan dirinya sendiri, tapi juga menyelamatkan orangtuanya, saudaranya serta kaum keluarganya.

Demikianlah Rahab disebut sebagai pahlawan iman dalam buku Ibrani 11. Dia bersaksi kepada orangtuanya, saudaranya dan kaum keluarganya. Dia tidak egois dan menyimpan sendiri Pengharapan keselamatan itu tetapi dia bagikan itu kepada orangtuanya, saudaranya serta kaum keluarganya.

Renungan bagi saya: Apakah saya sudah tahu kabar keselamatan itu? Apakah saya percaya akan kabar itu? Apakah saya saksikan dan bagikan kepada orangtua saya? Saudara saya? Kaum keluarga saya? Sahabat saya? Tetangga saya?

Leave a comment

Filed under Meditasi Alkitab

Leave a Reply

