Meditasi Alkitab

Pendahuluan: Roh Suci yang membawa Revolusi Teduh

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu , menjadi yang sulung di antara banyak saudara.” (Roma 8:28,29)

Kata meditasi berasal dari akar kata bahasa Latin Medikelous, adalah juga akar kata dari kata Medicine (obat). Jika obat itu masih ada dalam kemasannya obat itu tidak akan memiliki kegunaan apa-apa. Hanya saja pada saat obat itu telah masuk kedalam tubuh barulah efektif. Hal yang sama juga ketika Firman Allah tidak diam di dalam jiwa kita tetapi hanya sebagai suatu pengetahuan, maka hal itu tidak akan dapat menghasilkan hal yang baik. Oleh karena itu, memeditasikan Firman Allah adalah satu hal yang sangat penting dalam pengalaman pribadi bersama Allah. Hal itu adalah suatu pengalaman untuk hidup dalam Alkitab itu dan membuatnya menjadi nyata di dalam kehidupan kita.

Sasaran Revolusi teduh melalui Meditasi Alkitab

1. Yesus adalah tujuan dari Meditasi Alkitab

Sebab bagi aku, Hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. ( Flp 1: 21)

“Tetapi yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku , lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus” (Flp 3:7-8)

2. Menjadi seperti Kristus adalah tujuan meditasi Alkitab.

Sebab semua orang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu , menjadi yang sulung di antara banyak saudara.” (Roma 8:29)

“Tidak ada yang lebih berharga melebihi karunia menjadi seperti Kristus”

Robert Mc Chain

1) Tuhan mengubah Tabiat kita melalui Firman-Nya.

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untu mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

2) Tuhan mengubah Tabiat kita melalui Roh Suci

“ Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.” 2 Kor 3:18

“Tetapi buah Roh ialah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan , kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal itu.” (Galatia 5: 22, 23)

3) Allah mengubah tabiat kita melalui lingkungan

“Bilur–bilur yang berdarah membersihkan kejahatan, dan pululan membersihkan lubuk hati.”( Amsal 20:30)

“Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli wwaris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Krsitus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia” Roma 8: 17.

.

3. Bertumbuh dalam pengetahuan pengenalan akan Allah adalah Tujuan meditasi Alkitab

Adalah mungkin untuk mencintai dia yang tidak kelihatan, tetapi agak sulit untuk mencintai dia yang engkau tidak mengerti. Sebelum engkau mencintai, haruslah ada beberapa jenis pengalaman.”

“Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menukai pengenalan akan allah, leibh dari pada korban-korban bakaran.” (Hosea 6:6)

“Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengetahuan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka aku juga akan melupakan anak-anakmu.” (Hosea 4:6)

“Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya allah yang benar, dan mengenal Yesus yang telah Engkau utus.” (Yohanes 3:17)

“ Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang seusuai denagn kepenuhan Kristus, Sehingga kita bukan lagi anak –anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka menyesatkan.” (Efesus 5: 13, 14)

4.

Tujuan Meditasi alkitab adalah dalam perubahan melebihi dari sekedar peningkatan pengetahuan.

“janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. (Roma 12: 2)

“Tabiat yang dipersiapkan melalui meditasi memiliki perbedaan yang sangat besar jika dibandingkan dengan sikap yang sementara.”- Paul Tornier

“Alkitab tidaklah diberkan untuk meningkatkan pengetahuan kita melainkan untuk mengubah kehidupan kita.” – D. L. Moody

5.

Tujuan Meditasi Alkitab adalah untuk mengatur bagian kedalaman jiwa

“Kedalaman jiwa secara terus-menerus Nampak oleh bagian luarnya. Kehidupan seseorang tergantung pada apa yang ada pada pikirannya. Pikirannya memimpin pada sikap dan dan berbuah pada tabiat dan tujuannya.” (James Allen)

“Tuaian hidup terdapat pada Tabiat, dan tabiat ini menentukan akhir/ tujuan terhadap masa sekarang dan masa depan “ Pendidikan 108)

1). Tuhan tertarik terhadap bagian kedalaman jiwa kita.

Tetapi berfirman lah TUHAN, kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati.” (I Samuel 16:7)

“apa yang ada di belakang kita, apa yang ada di depan kita tidaklah berarti jika dibandingkan dengan apa yang ada di dalam kita. “

Ralph Waldo Emerson

2) Pertumbuha jiwa di ditetapkan oleh Firman Setiap hari

“Tetapi Yesus menjawab: “ Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” ( Matius 4:4)

“Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan, (1 Pet 2:2)

“Berilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya “ (Matius 6:11)

“Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaan di antara kamu, sehingga kamu dengan segala khikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dna sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu menucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.” (Kolose 3:16)

3) Itu menyuburkan dan mengembangkan keindahan batin seseorang setiap hari.Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, Kecantikanmu tidaklah harus datang dari pujian penampilan luar, seperti mengkepang-kepang rambut dan memakai perhiasan emas dan pakaian yang indah-indah. Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tentram , yang sangat berharga dimata Allah. (I Pet 3:3-4).

Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata didalam kamu. (Galati 4:194) Ini seperti menumbuhkan sebuah tamanJagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

“sebagai seorang Pekebun, jika engkau mencoba dengan keras, engkau akan mendapatkan sebuah taman yang indah, tapi jika tidak anda hanya akan mendapatkan benih saja.”- Steven Covey

“Kebenaran terlihat kekuatannya ketika kiselubungi oleh bahasa yang berharga. Pemikiran/ide memimpin kepada kemuliaan hidup. Pengetahuan dan hikmat manusia apakah yang dapat dibandingkan dengan pernyataan Tuhan yang menakjubkan?” E. G. White (Fundamentals in Christian).

6.

Menyembah pada tahkta kasih karunia dalam bilik maha suci hati dimanapun adalah tujuan meditasi alkitab

Tapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa ; menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh, dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah –Nya dalam roh dan kebenaran.“ (Yohanes 4:23-24).

“Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” I (Korintus 3:16)

“Sebab itu marilah kita denga penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya ktia menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” (Ibrani 4:14).

Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Maz 119:105)

7. Untuk mengalami Hadirat Allah sepanjang hari adalah tujuan meditasi Alkitab

“Pagi-pagi benar Waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” ( Markus 1:35)

Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari. (Mazmur 119 : 97)

“Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman0Mu. Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu.” (Mazmur 119:147, 148).

8.

Melalui latihan rohani melayani Allah dan berada pada keadaan puncak adalah tujuan Meditasi Alkitab.

“Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua itu. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dala m segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untukk hidup yang akan datang.”

3 Prinsip Andrew Bona’s

Prinsip pertama : Jangan katakana kepada siapapun sebelum berbicara kepada Yesus

Prinsip kedua : jangan melakukan sesuatu sebelum bertelut untuk berdoa

Prinsip ketiga : jangan membaca apapun sebelum membaca Alkitab

“Terlalu banyak orang Kristen yang menikmati kebenaran secara instant tetapi mereka merasakan ketidaknyamanan dalam meneruskan kehidupan yang benar” –A. W. Tozer-

“Pekerjaan kita bukanlah memberikan kepada orang apay yang mereka inginkan, tetapi memberikan apa yang mereka butuhkan dan memberikan mereka keinginan terhadap apa yang mereka butuhkan.” – Theodore F.-

9. Berpegang teguh pada Firman Allah dan doa pengantaraan adalah tujuan Meditasi Alkitab

“Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, minalah apa saja yang kamu kendaki, dan kamu akan menerimanya.” (Yohanes 15:7)

“Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dank arena ia tehitung di antara pemberongak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.” (Yesaya 53:12)

“Kristus Yesus , yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi pembela bagi kita.” (Roma 8:34)

“Berdoa untuk hal-hal yang besar, mengharapkan hal-hal yang besar, dan bekerja untuk hal-hal yang besar. Tetapi hal yang terbesar dari semua adalah Berdoa.” – R. A. Torrey

10. Digunakan Allah dengan berharga adalah tujuan meditasi alkitab

“Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu. ( II Tim 2: 15)

“Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.” (Ibrani 5:14).

Sisihkanlah sanga dari perak, maka keluarlah benda yang indah bagi pandai emas.”

(Amsal 25:4)

“Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 15:3)

“sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.” ( 1 Timotius 4:5)

Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.” (Yohanes 17:7)

“Adalah juga bahwa Alkitab melindungi kamu dari dosa atau dosa melindungi kamu dari alkitab” -D. L. Moody

Kesimpulan : Jagalah keseimbangan antara pekerjaan yang telah Tuhan sediakan dan pekerjaan yang harus engkau lakukan.

“ Bekerjalah sebagaimana semuanya itu tergantung kepadamu, and berdoalah sebagimana semuanya tergantung pada doa anda.” William Booth

“Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.” (Kolose 1:29)

Jika setiap orang menghargai alkitab mereka sebagai alat penelitian, mereka akan menunjukkan pengetahuan yang lebih besar dari mereka yang jauh lebih berkembang, mereka yang berpikir dalam dan mereka yang mempelajari pengetahuan dan sejarah.” –Signs of Times 1892-


Cara-Cara Sederhana Dalam Meditasi Alkitab

Kata –kata pembukaan : Meditasi Alkitab adalah prinsip kemakmuran Alkitab.

“ Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

(Yosua 1:8)

Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit. Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: “TUHANlah panji-panjiku! Ia berkata: “Tangan di atas panji-panji TUHAN! TUHAN berperang melawan Amalek turun-temurun.” (kel 17:14-16)

Hukum Allah adalah benar. Memeditasikan hukum Allah adalah suatu pekerjaan bagian dalam jiwa yang membuat pikiran kita serupa dengan kebenaran Allah. Banyak sekali pekabaran yang datang kedalam otak kita dan disana terdapat ide kemanusiaan dan penurunan moral di antara mereka. Pemikiran ini membuat kita berakhir dengan sesuatu yang hampa pada akhirnya. Sehingga kita perlu memilih pekabaran yang benar karena pekabaran apa yang kita pilih menjadikan siapa kita sebenarnya.

Apa yang kita pikirkan adalah bagaikan memilih saluran TV. Sebagaimana kita memilih saluran untuk melihat apa yang ingin kita nonton, begitu juga kita melakukan hal yang sama didalam apa yang kita pikirkan. Memeditasikan firman Allah bagaikan mengatur saluran/siaran pada firman Allah. Kita diubahkan melalui apa yang kita lihat dan dengar. Kalau kita ingin berjalan pada jalan yang benar, kita harus selaras dengan firman Allah. Inilah meditasi Alkitab. Kita memeditasikan firman Allah bukan untuk menetapkan ide-ide atau pikiran-pikiran kita, tetapi untuk membuat pikiran kita selaras dengan kehendak dan pikiran Allah. Didalam cara ini kita berjalan mengikuti Allah, memulihkan gambar Allah sepenuhnya didalam diri kita.

Allah telah memberi makan bangsa Israel dengan Manna. Manna menggambarkan roti dari Surga (Mazmur 105:40) dan Firman Tuhan dalam perjanjian baru. Marilah kita temukan hal umum apakah yang terdapat antara manna dan meditasi Alkitab dalam keluaran 16:14-35.

1. Dilakukan pada pagi hari (21)

Lakukan meditasi Alkitab pada pagi hari, dimana keadaan masih sunyi senyap dan pikiran masih segar sehingga kita dapat merenungkan firman Tuhan dengan maksimal.

2. Harus keluar dari tenda untuk mendapatkan manna

Keluarlah dari zona nyaman yang dapat menyebabkan kita tertidur kemballi, bisa keluar kamar, di ruang tamu dll.

3. Bentuk mana kecil, putih dan bersisik, pada saat mengambilnya harus berjongkok (14,32)

Selidiki firman Tuhan dengan sedetil-detilnya, renungkan kata per kata, bayangkan seolah kita ada di dalam situasi tersebut.

4. Bertanya tentang manna(15)

Pada saat meditasi, tanyakanlah segala sesuatu yang kita baca seperti seorang anak kecil berumur sepuluh tahun yang selalu bertanya mengenai apa yang dilihat dan didengarnya. Gunakan pertanyaan yang sangat sederhana dan cari maknanya.

5. Mengambil manna untuk sendiri (16)

Selidiki sendiri Alkitab. Jangan hanya mendengar dari pendeta atau orang lain.

6. Mengambil manna sesuai keperluan (18)

Meditasikan sesuai dengan kemampuan kita. Jangan terlalu banyak jika tidak sanggup, yang terpenting adalah dapat mengaplikasikan firman dalam kehidupan pribadi.

7. Mengambil manna untuk keluarga, dibagikan pada hari itu juga (16,20)

Setelah kita meditasi, bagikanlah firman itu kepada orang lain ataupun keluarga. Layaknya orang yang hanya makan akan mengalami obesitas, firman Tuhan juga harus dibagikan jangan hanya dimakan sendiri.

8. Manna untuk semua orang

Firman Tuhan berlaku untuk semua orang, siapapun boleh membacanya.

9. Tidak boleh disimpan, harus diambil setiap hari (19-20)

Meditasikan Alkitab setiap hari, setiap hari Rohani kita perlu diberi makan agar tidak mati melainkan bertumbuh.

10. Pada hari sabat tidak ada manna, yang dimakan pada hari sabat adalah manna yang diambil pada hari sebelumnya/hari persiapan (23-24)

Pada hari sabat, kita bagikan meditasi kita kepada teman-teman di rumah Tuhan (melalui diskusi sekolah sabat misalnya, asalkan jangan pada saat jam khotbah kita membuat diskusi sendiri)

11. Manna dapat diolah agar lebih enak(23)

Firman yang hendak kita bagikan boleh kita modifikasi dengan ilustrasi atau pengalaman pribadi yang berkaitan dengan firman yang akan kita bawakan.

12. Manna yang disimpan di dalam buli-buli tidak rusak (32)

Hafalkan ayat hafalan untuk selalu kita renungkan.

Cara melakukan Meditasi Alkitab

Bacalah Ayat–ayat tersebut sebanyak 5 Kali, setiap kali membaca yang kita lakukan adalah :

Pertama        : Tentukan Konsepnya

Kedua             : Garis bawahi kata-kata yang penting

Ketiga             : Buat pertanyaan-pertanyaan

Keempat       : Temukan Jawabannya

Kelima           : Apa aplikasinya bagi kita

Allah telah memberi makan bangsa Israel dengan Manna. Manna menggambarkan roti dari Surga (Mazmur 105:40) dan Firman Tuhan dalam perjanjian baru. Marilah kita temukan hal umum apakah yang terdapat antara manna dan meditasi Alkitab dalam keluaran 16:14-35.

1. Dilakukan pada pagi hari (21)

Lakukan meditasi Alkitab pada pagi hari, dimana keadaan masih sunyi senyap dan pikiran masih segar sehingga kita dapat merenungkan firman Tuhan dengan maksimal.

2. Harus keluar dari tenda untuk mendapatkan manna

Keluarlah dari zona nyaman yang dapat menyebabkan kita tertidur kemballi, bisa keluar kamar, di ruang tamu dll.

3. Bentuk mana kecil, putih dan bersisik, pada saat mengambilnya harus berjongkok (14,32)

Selidiki firman Tuhan dengan sedetil-detilnya, renungkan kata per kata, bayangkan seolah kita ada di dalam situasi tersebut.

4. Bertanya tentang manna(15)

Pada saat meditasi, tanyakanlah segala sesuatu yang kita baca seperti seorang anak kecil berumur sepuluh tahun yang selalu bertanya mengenai apa yang dilihat dan didengarnya. Gunakan pertanyaan yang sangat sederhana dan cari maknanya.

5. Mengambil manna untuk sendiri (16)

Selidiki sendiri Alkitab. Jangan hanya mendengar dari pendeta atau orang lain.

6. Mengambil manna sesuai keperluan (18)

Meditasikan sesuai dengan kemampuan kita. Jangan terlalu banyak jika tidak sanggup, yang terpenting adalah dapat mengaplikasikan firman dalam kehidupan pribadi.

7. Mengambil manna untuk keluarga, dibagikan pada hari itu juga (16,20)

Setelah kita meditasi, bagikanlah firman itu kepada orang lain ataupun keluarga. Layaknya orang yang hanya makan akan mengalami obesitas, firman Tuhan juga harus dibagikan jangan hanya dimakan sendiri.

8. Manna untuk semua orang

Firman Tuhan berlaku untuk semua orang, siapapun boleh membacanya.

9. Tidak boleh disimpan, harus diambil setiap hari (19-20)

Meditasikan Alkitab setiap hari, setiap hari Rohani kita perlu diberi makan agar tidak mati melainkan bertumbuh.

10. Pada hari sabat tidak ada manna, yang dimakan pada hari sabat adalah manna yang diambil pada hari sebelumnya/hari persiapan (23-24)

Pada hari sabat, kita bagikan meditasi kita kepada teman-teman di rumah Tuhan (melalui diskusi sekolah sabat misalnya, asalkan jangan pada saat jam khotbah kita membuat diskusi sendiri)

11. Manna dapat diolah agar lebih enak(23)

Firman yang hendak kita bagikan boleh kita modifikasi dengan ilustrasi atau pengalaman pribadi yang berkaitan dengan firman yang akan kita bawakan.

12. Manna yang disimpan di dalam buli-buli tidak rusak (32)

Hafalkan ayat hafalan untuk selalu kita renungkan.

Cara melakukan Meditasi Alkitab

Bacalah Ayat–ayat tersebut sebanyak 5 Kali, setiap kali membaca yang kita lakukan adalah :

v Pertama : Tentukan Konsepnya

v Kedua : Garis bawahi kata-kata yang penting

v Ketiga : Buat pertanyaan-pertanyaan

v Keempat : Temukan Jawabannya

v Kelima : Apa aplikasinya bagi kita

5 responses to “Meditasi Alkitab

  1. peppy

    melakukan ini setiap pagi2 benar2 membuatku makin dekat pada Allah,,

  2. allend

    Sebelumnya terima kasih buat seluruh panitia YPBC, setelahh ikut YPBC III rsanya saya menyesal membuang kesempatan untuk ikut YPBC II tahun yang lalu. Karna walaupun saya sudah tau tentang BM(Bible Meditation) tapi setelah ikut YPBC III ini saya semakin mengerti tentang BM. Karna setiap kali saya BM saya merasa Tuhan begitu dekat dengan saya, dan hidup saya semakin menyenangkan.

    God Bless…..

  3. sovreign

    Pergumulan selalu ada dan kadang lupa atau malas tetapi, melalui blog ini kita saling diingatkan dan dikuatkan tuk selalu mencari jawaban dari firmanNya..
    GodBless u all

  4. It does make me aware of what mistakes i have done and sins i have committed..I realize that it is not only strengthen me but also my family, my friends, and my church…
    And one more advantage i got since i applied the BM is i have bunch of speech concept in case of emergency, i am always ready to deliver a speech in anytime and anywhere…. hehehhe

  5. Lady Arisandhy

    I couldn’t even start my work before meditating the bible verses! It’s a kind of Bibleaholic (i guess!). Since i adopt this habit around 4 years ago, these are the changes that i feel: My brain capacity has been improving magnificiently in science since then, i easily understand new scientific ideas while reading a 300 pages book at once, i lose my temper, and i am so ready to give a speech instantly anytime and anywhere. The latter is copied from moderator’s comment🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s